Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!

Dimas Pradopo - Senin, 8 September 2014 | 14:03 WIB
AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!
Ketut
AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!

AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!
Ketut
AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!
Denpasar - Teknologi injeksi bahan bakar sudah menjadi piranti wajib sepeda motor di Tanah Air, hampir semua tipe terbaru hadir dengan fuel injection tak terkecuali tipe skutik. Bila dibandingkan dengan karburator, injeksi bahan bakar memiliki banyak sensor yang mampu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan juga cara berkendara sang rider.

Data-data ini kemudian diolah di Electronic Control Module (ECM) yang kemudian memerintahkan injector untuk memberikan semprotan bensin yang ideal ke ruang bakar. 

Seharusnya, dengan injeksi setingan secara otomatis diubah ketika melewati kondisi lingkungan yang berbeda. Hal ini terkait dengan air fuel ratio (AFR) atau perbandingan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar, pada motor injeksi komposisinya selalu dibuat ideal sesuai kondisi lingkungan.

Di pegunungan, dataran rendah, suhu panas siang hari atau suhu yang dingin di pagi hari, performanya selalu baik. Beda dengan mesin berkarburator yang kadang enak saat dingin, tapi ada juga yang baru asik diajak ngacir saat siang hari bolong.

Untuk membuktikan jika injeksi mampu beradaptasi dengan lingkungan agar performa motor selalu maksimal, yuk kita coba saja! Dalam prosesnya, kami dibantu oleh Hendra Winata, Chief DDS Yamaha Bali yang merupakan main dealer Yamaha Bali.

Motor yang digunakan adalah Yamaha GT125 yang mengusung teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) . Metode pengetesannya menggunakan AFR meter Innovate LM2 yang sensornya ditanam pada leher knalpot. Rute yang dipilih pun menyajikan beragam cuaca dan tantangan, yaitu rute dari Denpasar menuju Singaraja, rute ini akan melewati Bedugul yang terkenal dengan suhu dinginnya.

AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!
Ketut
AFR Pada Skutik Injeksi Selalu Stabil, Yuk Buktikan!

O2 sensor ada di leher knalpot

Start dari Denpasar, AFR meter menampilakan perbandingan 14,5 : 1 atau 14,5 gram udara berbanding 1 gram bahan bakar. Perbandingan ini jelas mendekati angka sempurna alias stoichiometric mixture ratio di 14,7:1.

Tercatat hingga memasuki wilayah dataran tinggi Bedugul dengan suhu dingin pun, ketika gas dibuka pada putaran bawah masih menampilkan angka yang sama. Tentunya sensor tekanan udara dan suhu memberikan input data yang akurat. Di dataran tinggi tekanan lebih rendah, kadar oksigen tipis, agar pembakaran tetap ideal maka suplai bensin juga dikurangi secara otomatis.

Dengan kecepatan rata-rata 60 hingga 70km/jam, angka di AFR Meter selalu menampilkan range 14,2:1 hingga 14,6:1 hingga masuk wilayah kota Singaraja yang panas pun masih serupa. Perubahan tidak terlalu banyak yang berarti pembakaran selalu dijaga dalam kondisi optimal meski kondisi lingkungan berubah-ubah.

Kecuali ketika berakselerasi mendadak, saat itu memang membutuhkan bahan bakar lebih banyak dari kondisi konstan. Menariknya lagi, ketika gas ditutup saat deselerasi, AFR menunjukan angka 113:1 berarti hanya udara yang masuk! Tidak ada bahan bakar yang mengalir ke ruang bakar.

“Memang kalau gas ditutup, injector akan berhenti mensuplai bahan bakar,” jelas Franky Mario Patty, Service Manager DDS Yamaha Bali. “Di skutik nggak ada engine brake, jadi ketika tutup gas enggak perlu ada bahan bakar. Pastinya biar lebih irit,” imbuh Mario. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa