Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Tabung Sok Depan Kawasaki ER-6 di Yamaha YZF-R25, Kekar Bro!

Dimas Pradopo - Kamis, 16 Oktober 2014 | 15:13 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Yamaha YZF-R25 terbilang masih baru, namun sebagian para pengguna cukup banyak yang sudah merombak besutan kesayangannya itu. Mulai dari tampilan sampai performa. Selain itu, ada satu bagian kurang greget menurut Alfariza, pemilik YZF-R25.

“Tampang depan sih memang sudah cakep nan gahar. Tapi, buat menambah macho lagi dengan mengaplikasikan tabung sok agak besar dari aslinya dan double disk brake. Layaknya moge yang berkapasitas mesin di atas 400 cc. Meskipun aslinya hanya nopekgo (250 cc),” buka pria yang kerap disapa Riza.

Peredam kejut aslinya cukup mumpuni, namun warga Jatiwaringin, Jaktim itu pengin R25 kelahiran 2014 digantikan punya Kawasaki ER-6 berikut peleknya. Pasalnya, tabung sok tersebut terlihat makin kekar kalo dipasangkan ke YZF-R25. Pemasangan komponen tersebut dikerjakan oleh mekanik Jail Auto Custom (JAC) tanpa berlama-lama alias Plug n Play. Bahkan gak perlu menggantikan as sok dari YZF-R25, lho! Maca cih? Nih, contohnya!

No caption
No credit
No caption

“Bener, bro! Meski beda pabrikan, diamater peranti itu ukurannya sama. Yakni, 41 mm (gbr.1). Jadi, masih bisa gunakan bawaan YZF-R25, hanya saja bikin dudukan untuk sepatbor pake pelat yang tebalnya sekitar 2 mm,” jelas Herry, mekanik JAC daerah Rawa Panjang, Bekasi, Jabar. Agar tampang depan semakin macho dan kekar, pelek depan dijejalkan juga rims orisinal ER-6 full set.

No caption
No credit
No caption


Sehingga pemasangan roda depan gak ribet alias gampang. Aplikasi part terbilang cukup mudah, tapi semua komponen peredam kejut depan kudu dilepas dari dudukannya.

“Setelah semua dan tabung aslinya dilepas, masukkan tabung sok ER-6 ke as sok R25 dengan diikatkan baut suling sok R25. Biar berdiri tegak, roda ER-6 juga dipasangin, bro! Untuk pemasangan sepatbor depan pakai Kawasaki Ninja 250R dengan membuat dudukan baru dari pelat strip tebal 2 mm (gbr.2),” papar Billy Kristian, owner JAC.

Pelek ER-6 sudah double disk brake, maka kudu beli kaliper tambahan sebelah kiri berikut slang rem. “Karena disk bawaan ER-6, maka bikin dudukan baru biar kaliper Brembo bisa duduk manis (gbr.3),” sambungnya.



Kalo semua sudah terpasang dengan benar, jangan lupa memasukkan oli sok sesuai standar (gbr.4) atau masukkan kembali cairan bawaan R25 yang ada di wadah tampungan. Finish!

Keren, kan! (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa