Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?

Jumat, 5 Juni 2015 | 10:40 WIB
Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?
Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?

Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?
Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?
Jakarta - Setelah puas membahas desain baru eksteriornya, kini perhatian OTOMOTIFNET berpaling pada sumber tenaga yang berada dibalik kap mesin Toyota Avanza terbaru. Karena sektor mesin juga selalu bikin penasaran. Adakah ubahan pada mesin Toyota Avanza terbaru?
 
Berdasarkan sumber terpercaya OTOMOTIFNET, Toyota Avanza terbaru tetap akan dibekali dua pilihan mesin seperti yang sudah dipasarkan saat ini. Mesin pertama berkapasitas 1.3 liter dan satu lagi mesin berkapasitas 1.5 liter. Toyota masih sangat percaya dengan kehandalan dua mesin ini.
 
Mesin pertama berkode 3SZ-VE, berkapasitas 1.495cc dengan konfigurasi 4 silinder segaris 16 V, DOHC, VVT-i. Mesin ini punya produksi tenaga sebesar 104 dk dan torsinya 13.9 kgm. Sedangkan mesin kedua berkode K3-VE, dengan kapasitas 1.298cc 4 silinder segaris 16 V, DOHC, VVT-i. Tenaga yang dihasilkan sebesar 92 dk dan torsinya 11.9 kgm.
 
Kedua mesin ini sedari awal dirancang untuk mendukung sistem penggerak roda belakang. Sebenarnya, ada kemungkinan Toyota untuk menggunakan mesin baru pada Toyota Avanza. Yakni mesin berkode 1NR-FE seperti yang dipakai pada Toyota Yaris. 
Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?
Adakah Ubahan di Mesin Toyota Avanza Terbaru?
Salah satu keluarga mesin NR series
 
Mesin ini sebenarnya lebih maju secara teknologi, tapi sayangnya dibuat untuk sistem penggerak roda depan, sehingga butuh penyesuaian lagi untuk mengubahnya menjadi sistem penggerak belakang agar masuk pada Toyota Avanza. 
 
Tapi melihat sepak terjang mesin Toyota Avanza sejauh ini, rasanya memang masih sangat layak untuk tetap digunakan. Sehingga dengan penggunaan mesin yang sudah ada, Toyota tidak perlu memikirkan berapa kompensasi biaya yang harus dibayar konsumen karena ubahan baru tersebut. Kalaupun ada ubahan atau penambahan, kemungkinan terbesar terjadi di sektor transmisi. (mobil.otomotifnet.com)
 

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa