Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan Juke 1.5 A/T 2011, Naik Kelas + Podium 1

billy - Kamis, 15 November 2012 | 14:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Nissan Juke memang terbilang jarang diturunkan untuk kontes sound quality (SQ), terlebih pada event yang banyak didominasi oleh para pemain SQ profesional seperti gelaran Indonesian EMMA contest.

Namun siapa sangka jika varian yang terkesan tak difavoritkan ini berhasil naik kelas dan berhak menduduki podium 1 pada event Indonesian EMMA contest 2012-2013 di sesi QR2 dan QR3 beberapa waktu lalu di Jakarta.

David Iskandar dari Xtreme Audio menjadi orang yang paling bertanggungjawab atas keberhasilan mengantarkan Juke tahun 2011 ini, naik podium 1 di kelas Experience 36 juta (QR2) serta juara pertama kelas Advance 48 juta pada sesi QR3 Indonesian EMMA contest 2012-2013.

Tentunya keberhasilan mengantarkan Juke 1.5 A/T milik Aminta Korompis ini, tak terlepas dari kerjasama yang harmonis antara sang pemilik dengan instalaturnya.

No caption
No credit
No caption

Pasalnya ketika pertama kali masuk rumah audio di daerah Taman Aries, Jakbar itu, Aminta hanya menginginkan settingan SQ harian. Menurut David, pelanggan setianya itu sebelumnya memang sudah pernah meng-upgrade audio di Toyota Kijang Innova-nya. Dan kali ini agaknya sang instalatur mulai tergoda bermain dengan varian baru macam Juke.

Mengingat komponen audio yang terpasang pada Juke ini sudah oke, Aminta akhirnya mengijinkan David untuk melakukan treatment khusus pada besutan hariannya itu.

Pada awalnya komposisi komponen yang digunakan mencakup head unit single DIN Clarion DXZ-786 yang sudah built-in prosesor, speaker 3-way Crescendo Opus 7B yang didukung dua power amplifier Genesis series III (4 ch dan Miniblock), termasuk subwoofer Dominations 12 inci untuk menohok nada bass.

Hasil yang diperoleh saat itu tidak terlalu buruk, karena mampu menggondol gelar juara 2 di kelas Experience 21 juta pada sesi QR1 Indonesian EMMA contest 2012-2013. "Saat turun di QR2 hanya mengganti head unitnya dengan Pioneer DEX-P99RS, yang juga sudah built-in prosesor," kata David.


Ubahan cukup signifikan terjadi menjelang QR3, saat itu penggantian driver pendukung sistem menyasar pada komponen speaker berikut subwoofer. Sebagai penyuplai suara high-midrange-midbass dipercayakan pada Opus 9 three way. Sedangkan mereproduksi nada rendah mengadopsi subwoofer 10 inci Crescendo Etude 2.10, dengan dukungan power amplifier yang sama seperti instalasi sebelumnya.

Kualitas sound yang dihasilkan dengan menganut instalasi terakhir tadi, cukup menggoda telinga untuk berlama-lama mendengarkan lantunan musik easy listening maupun lagu bergenre progresif.

Sesi tes dengar pun kami lakukan untuk mengetahui performa mobil juara ini. Pertama kali yang dirasakan adalah tonal balance yang terimajinasi cukup kental di atas dasbor, dan mampu menciptakan efek suara panggung yang baik.

Sayangnya, kedalaman (depth) suara disertai efek lebar (width) suara panggung, tak dapat terimajinasi dengan maksimal. Hal ini lebih disebabkan dari desain dasbor Juke yang tergolong sempit, yang menjadikan batas sound staging mentok di ujung dasbor dekat kaca depan. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa