Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fenomena Nissan Cefiro: Asik Dijadikan Mobil Drifting (bag-2)

billy - Kamis, 12 Mei 2011 | 07:05 WIB
Fenomena Nissan Cefiro: Asik Dijadikan Mobil Drifting (bag-2)
Fenomena Nissan Cefiro: Asik Dijadikan Mobil Drifting (bag-2)

 
Fenomena Nissan Cefiro: Asik Dijadikan Mobil Drifting (bag-2)
Fenomena Nissan Cefiro: Asik Dijadikan Mobil Drifting (bag-2)

JAKARTA- Pilihan tunggangan drifting di tanah air, memang tidak sebanyak di belahan dunia lain. Maklum saja, mobil berpenggerak roda belakang, tidak lagi menjadi mobil sejuta umat di sini.

Produk berpenggerak roda depan lebih banyak di pasaran. Padahal, untuk beraksi indah di ajang drifting, mobil berpenggerak roda belakang jadi favorit.

Tak pelak, pilihan mobil-mobil pun beralih pada tunggangan di era ’90 an. Mulanya, beragam jenis digunakan, mulai dari Toyota Corolla DX, lantas mobil buatan Eropa yang kompak macam BMW seri 3, hingga sedan yang cukup bongsor, seperti Toyota Cressida.

Namun, seiring perkembangan di ajang tersebut, banyak drifter yang akhirnya kepincut dengan Nissan Cefiro. Kenapa? “Spesifikasinya cukup baik untuk drifting, baik dari wheelbase serta komponennya pun banyak,” terang Doni Satrio, dari Donsa Garage, yang cukup aktif membuat mobil drifting.

“Tentu pertimbangan harga pun jadi pilihan,” katanya. “Gampang di-upgrade, seperti ruang mesin luas, kaki-kaki pun sama seperti Silvia,” ujar lelaki berkacamata itu.

Memang, Cefiro berkode bodi A31 itu memiliki kaki-kaki yang sama dengan Nissan Silvia (S13). Jadi, kalau ingin memperoleh performance parts, bisa menggunakan tunggangan yang hanya memiliki perbedaan wheelbase lebih pendek 196 mm itu.

Satu hal lagi, Cefiro memiliki sudut belok cukup besar, sehingga untuk berbelok patah, seperti yang dibutuhkan kala drifting, tak perlu ubahan terlalu banyak.

Jadi, cukup menggunakan roll-bar, lantas mengganti mesin lebih bertenaga yang sudah memiliki turbo, seperti Toyota JZ series, atau mesin Nissan SR20 atau RB series, Nissan Cefiro sudah bisa diajak berlaga di ajang drifting. Tentu setelah menyesuaikan final gear yang disesuaikan dengan lintasannya.  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa