Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jajal Duo Kia Pregio Dan Travello, Pilih yang Mana Yaa?

billy - Rabu, 20 April 2011 | 11:30 WIB

 

Otomotifnet.com - Menjajal berbagai mobil dengan beragam jenis, bentuk dan dimensi tentu sudah menjadi sarapan, makan siang dan dinner buat awak redaksi.

 
Beberapa perjalanan baik dalam maupun luar kota pun biasa dilakukan bareng, terutama untuk mendapatkan hasil maksimal kala komparasi kendaraan sejenis.

Nah, begitu bicara soal transporter, ide lucu pun bergulir.

 
Jika biasa bepergian bareng namun beda mobil, kini juga bepergian bareng sih tapi semua masuk ke kabin mobil yang sama. Soalnya, kali ini ada Kia Pregio dan Kia Travello.
 
Hmm.. pilih yang mana ya?

Passanger Car
Kami menemukan beberapa persamaan pada Kia Pregio dan Travello ini. Namun juga sekaligus berbagai perbedaan setelah menjajalnya langsung.

 
Mulai dari persamaan dulu, Anda pasti setuju kalau kedua mobil ini cocok buat travelling. Tak heran kalau populasinya banyak di armada travel.

Kemudian dari kapasitas penumpang, disebut kalau Travello muat 16 orang. Namun dari unit tes yang dipakai, sepertinya hanya cukup buat 12 orang.
 
Mengingat konfigurasi kursi 4 baris, paling depan 3 orang (termasuk sopir), lalu setiap baris berikutnya juga tiga orang.
 
Jadi, anggapannya kapasitas sama dengan Pregio yang juga muat 12 orang dengan konfigurasi jok serupa.

Persamaan ketiga, dari mesin. Karena mesin diesel 2.665 cc yang dipakai juga sama.

 
Tidak berharap banyak dari dapur pacu diesel konvensional bertenaga 80 dk di 4.000 rpm dan torsi 165 Nm pada 2.400 rpm karena performanya tergolong lambat.

Meski demikian, terdapat berbagai perbedaan. Seperti tarikan Travello terasa lebih enak. Akselerasi 0-100 km/jam diraih dalam 24,8 detik.

 
Sedangkan Pregio butuh 33,7 detik. Kemungkinan karena rasio gigi akhir Pregio 4,222 berbeda dari Travello 4,444, sehingga tarikan terasa lebih lambat terutama pada kecepatan tinggi.
 
Tarikan memang terasa lambat. Namun di lain pihak, justru jadi nilai plus. Dengan kondisi ini, penumpang jadi lebih nyaman karena tidak cepat mual akibat entakan tenaga yang berlebihan.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa