Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ban Balap Motor, Untuk Main Di Jalan Aja Kok Serius Banget?

billy - Sabtu, 6 April 2013 | 10:49 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dibanding ban harian, penjualan ban motor balap lebih sedikit. Niche market kalau bahasa marketingnya. Namun pabrikan ban Tanah Air tetap semangat memproduksi ban khusus balap motor. Malah hampir tiap tahun, produsen ban menelurkan produk barunya.

Lalu kenapa produsen giat memproduksi meski penjualan sedikit dan hanya untuk dipakai balapan yang kebanyakan memanfaatkan aspal jalan raya?

BERGUNA BUAT HARIAN
Arijanto Notoraharjo, General Manager Marketing PT Gajah Tunggal Tbk (GT), produsen ban IRC dan Zeneos mengatakan bahwa GT akan selalu melakukan riset ban dengan kualitas terbaik buat lomba. Ini sesuai permintaan pasar dari dunia balap. "Ajang balap selain untuk riset ban, sekaligus menjadi laboratorium berjalan. Karena teknologi yang kita temukan dari hasil riset tersebut, juga bisa kita aplikasi ke ban harian. Bedanya mungkin di segi kompon dan profil yang menyesuaikan kebutuhan pasar," tukas pria akrab disapa Ari.

No caption
No credit
No caption

Pria berkacamata ini juga mengatakan bahwa setiap tahun GT melakukan riset dan pengembangan. "Tahun ini rencananya kita akan meluncurkan ban baru untuk road race dan drag bike. Akan kita perkenalkan nanti saat gelaran PRJ," bebernya.

Begitu juga yang diungkapkan Riza, Head of Marketing Department PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban FDR. Meski penjualan ban balap tak sebanyak ban harian, namun riset terus dilakukan. "Riset ban balap, kondisinya sangat ekstrem sehingga sekali riset, teknologi terbaru yang ditemukan bisa disematkan pada ban harian. Ini juga merupakan bagian dari development ban harian," ujar Riza.


Warga Cibubur, Jabar ini juga mengatakan bahwa tahun ini akan meluncurkan 2 ban baru khusus balap; untuk bebek dan sport. "Masalah tipenya, lihat saja nanti saat resmi diluncurkan sekitar bulan Mei. Tapi yang pasti ukuran untuk motor bebek 90/80-17. Lalu untuk sport 150 cc, kita siapkan ukuran 100/70-17 dan 120/70-17. Masing-masing memilik karakter cornering speed," imbuh pria yang mengaku lebih dari 15 tahun bergabung di SRI.

Enggak ketinggalan, M. Zein Saleh, Senior Marketing Manager PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) produsen ban Corsa angkat bicara. "Walau hasil riset ban balap tidak berdampak langsung ke penjualan ban harian, kita akan selalu riset ban balap. Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar, juga untuk melengkapi line produksi kita," ujarnya.

Zein menambahkan riset ban balap juga sebagai ajang pembuktian ban racikannya berkualitas. "Ibarat pepatah, sekali dayung satu dua pulau terlampaui. Kita juga begitu. Sekali riset, dapat hasil banyak seperti; formula kompon, teknologi, konstruksi ban dan beberapa hasil lainnya yang bisa diaplikasi pada ban balap maupun ban harian," paparnya.

Nah soal produk ban balap tahun ini, Zein mengaku sudah riset yang terbaru ukuran 17 inci. "Rencananya pertengahan tahun kita luncurkan. Basiknya dari pengembangan Corsa R46,” pungkasnya. Ooo... begitu. (otosport.co.id) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa