Yamaha V75, Spesial Buat Jerry

billy - Jumat, 13 April 2012 | 10:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Bikin anak senang, berbagai cara bisa ditempuh. Seperti dilakukan Thomas untuk putranya, Michael Jerry. “Mau bikinin kendaraan spesial buat anak. Tapi, yang beda dari yang lain. Alih-alih pengganti sepeda, bro,” ujar warga Jl. R.E Martadinata, Cilacap, Jawa Tengah ini.

Akhirnya, tercetus ide ketika melihat Yamaha V75 lawas yang lama teronggok di gudang. Seluruh rangka dipotong! Yang diambil, cuma bagian komstir dan mesinnya saja. Karena di bagian itu terdapat nomer rangka dan nomer mesin.

Rangka dibangun ulang. “Karena Jerry masih duduk di kelas III SD. Jadi, harus dibuatkan frame baru, agar sesuai tinggi anak. Frame dibuat dari pipa baja diameter ¾ inci,” papar Thomas lagi.

Mengakali agar sumbu roda tidak terlalu panjang, mesin V75 lansiran 1980 yang masih 2 langkah ini dipasang berdiri. “Untuk mesin 2-tak, walaupun mesin dibuat berdiri itu tidak pengaruh. Karena, oli hanya berada di seputar mesin saja dan tidak melumasi piston,” terang pemilik bengkel Damai Jaya ini. Lho, koplingnya kering dong?

Sok depan pun, ikut menyesuaikan tinggi anak. Dipilih suspensi milik Yamaha Vega yang di potong 5 cm pada bagian bawahnya. Lalu, dikombinasikan ke segitiga Honda CB125. Tujuannya, agar bisa menempel presisi di komstir orsi yamaha V75. Plus, pakai setang sepeda BMX agar pas buat cengkraman Jerry.

Lengan ayun belakang juga dibuat lebih minimalis dan pendek. Tujuannya, supaya pelek 8 inci milik Vespa lawas bisa masuk. Dimaksudkan agar posisi motor tidak terlalu panjang. Sehingga Jerry pun mudah mengendalikan laju motor. Langkah terakhir, di pasang jok sepeda BMX. Tak tertinggal, seluruh tubuh motor disemprot warna oranye bernuansa grafis yang digarap oleh 3 Paint Air Brush. Kini, pacuan Jerry jadi tampil beda!   (www.motorplus-online.com)

 
DATA MODIFIKASI

Ban depan : IRC 3,00x8
Ban belakang : IRC 3,50x8
Knalpot : Custom
Cakram depan : Custom

Hai Sobi, kamu udah punya kendaraan belum?

Kamu tim yang mana?

Kamu pingin nambah kendaraan baru apa?

Kalo beli kendaraan, utamain beli yang mana dulu?

Kamu lebih milih yang mana?

Kalo ada kesempatan buat ikut test drive/ test ride, mau cobain jenis apa?


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa