Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tinjauan Teknis Penyebab Terjadinya Api Pada Nissan Juke

billy - Senin, 19 Maret 2012 | 15:01 WIB
Tinjauan Teknis Penyebab Terjadinya Api pada Nissan Juke
Tinjauan Teknis Penyebab Terjadinya Api pada Nissan Juke

Otomotifnet.com - Banyak orang yang masih penasaran dengan peristiwa tabrakan yang disertai terbakarnya Nissan Juke 1.5 A/T warna hitam tahun 2011 (Nopol B 60 GOH) atas nama Angelina Soerijo (tertera di STNK, red) di jalan Sudirman, Sabtu lalu. 

Beberapa kejadian menunjukkan bahwa mobil bisa hancur dan bisa terjadi kebakaran bahkan pada kendaraan yang relatif anyar.

Mengapa potensi ini tetap ada meski rancang bangun kendaraan sudah sedemikian modern?

 

Ada beberapa sisi teknis yang bisa jadi titik fokus kami. Mari kita selami bersama.


SHORT CIRCUIT
 
Secara keseluruhan desain mobil anyar ditandai teknologi canggih pada bodi adalah penggunaan crumple zone, yang bisa membuat isi kabin aman, karena benturan diserap di bagian tertentu sebelum kabin.
 
Jadi bagian mulai dari bumper, apron hingga rangka sebelum firewall, relatif ‘lembek’ karena dirancang untuk menyerap benturan. Begitu pun di bagian belakang, misalkan di beberapa titik di bagasi.

Pun sistem kelistrikan, dibuat seminimal mungkin terjadinya short circuit (korsleting).

 
Dengan menggunakan Bus yang terhubung dengan modul-modul, dibandingkan sistem terdahulu, yang menggunakan banyak kabel dan relay-relay yang lebih rentan korsleting.

Bagian mesin pun dirancang agar lebih aman.

 
“Sekarang pressure bensin lebih rendah dibandingkan sistem injeksi pada mobil terdahulu,” ujar Taqwa SS dari Garden Speed, di kawasan Cilandak, Jaksel. Berbagai sisi teknis itu pun sudah mulai diaplikasi pada kendaraan menengah, bukan hanya mobil mewah.

Tetapi, ada beberapa teknologi lain yang masih bisa diaplikasi. Misalnya inertia switch yang mematikan mesin mobil bilamana terkena benturan keras.

Namun ada kemungkinan lain yang dapat menimbulkan percikan api. “Posisi aki ada di depan, dekat dengan mesin. Sehingga masih memungkinkan untuk menjadi sumber api,” kata ayah dua anak ini.

 
Begitu juga saluran bahan bakar, yang memang satu kompartemen dengan aki, kemungkinan memicu api bisa terjadi.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa