Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Dia, Penyebab Kerusakan Injeksi Bahan Bakar Pada Motor

Editor - Rabu, 29 September 2010 | 09:57 WIB
Nih, Penyebab Kerusakan Injeksi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor
Nih, Penyebab Kerusakan Injeksi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor

OTOMOTIFNET - Kali ini kita akan coba cari tau hal-hal lain yang juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem Fuel Injection. Untuk itu kita tanyakan saja pada ahlinya, ya.

Hayoo dibantu ya..prok..prok..jadi apa?

Masih berkaitan dengan bahan bakar, biasanya lantaran ingin berhemat, tak jarang pemilik motor injeksi memutuskan untuk tetap menggunakan Premium.

“Sebenarnya pakai Premium tidak masalah. Karena umumnya motor-motor injeksi yang diproduksi di sini (Indonesia) dirancang bisa menggunakan Premium. Asalkan kualitasnya bagus,” bilang Handy Hariko, senior manager technical service division PT Astra Honda Motor (AHM). 

Sayangnya, bensin dengan kualitas yang dimaksud terkadang sulit ditemui. Terutama di daerah.

Sehingga banyak yang coba mengaplikasi octane booster agar performa mesin bisa lebih baik kayak pakai Pertamax atau bensin beroktan setara.

Memang sih, tidak masalah juga, namun ternyata berdasarkan hasil riset pabrikan, ada beberapa peningkat oktan BBM yang dalam jangka waktu lama dapat mengacaukan kinerja fuel inejction.

“Sebenarnya gak ada larangan menggunakannya (octane booster). Asalkan pastikan dulu kalau produk tersebut berfungsi dengan benar."

"Maksudnya efektif untuk meningkatkan oktan, namun tidak menimbulkan residu saat larut dalam bensin."

"Karena biasanya zat pewarna yang dipakai akan tertingal di filter sehingga membuat aliran bensin tersumbat."

"Parahnya lagi bila mengerak di dinding dalam pipa dan injektornya," jelas Muhamad Abidin, manager technical department service division PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Kalau sampai mengerak di saluran injektor, lanjut Abidin, spray quality-nya (kualitas semprotan) bakalan kurang mengabut sempurna alias masih dalam bentuk partikel yang besar.

Meski volumenya sesuai. "Sehingga jadi akan sulit dimixing (dicampur) dengan udara, yang efeknya membuat pembakaran jadi kurang sempurna," tambahnya.

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa