Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rea Sulit Temukan Cara Maksimalkan Performa Ban Bridgestone

Bagja - Selasa, 28 Agustus 2012 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption


Penggunaan ban untuk ajang balap MotoGP adalah salah satu yang menjadi pusat perhatian pembalap yang baru menjajal ajang balap motor paling bergengsi ini. Meski mempunyai dasar performa ban yang paling dekat seperti Moto2 atau bahkan Superbike, tetap saja karakter utama ban di MotoGP sangat berbeda dan cukup krusial bagi pembalap.

Hal ini diakui langsung oleh Jonathan Rea, yang baru saja dipercaya untuk mengambil-alih posisi Casey Stoner dua seri mendatang. Pada sesi tes resmi MotoGP di Ceko (27/8) kemarin, Rea mengaku bahwa ia masih sulit memaksimalkan kinerja ban Bridgestone saat berada di tikungan. Karakternya bahkan sangat berbeda dengan karakter ban di ajang balap World Superbike Championship (WSBK).

“Impresi pertama saya pada penggunaan motor Honda RC213V, adalah motor ini tidak terlalu sulit untuk dikendarai. Bagian yang paling sulit justru terdapat pada bagian ban, dimana tidak gampang untuk memaksimalkan kinerja ban. Saya sulit keluar dari tikungan dengan mulus, rasanya masih butuh bobot lebih banyak di bagian depan. Tapi ini masih pengalaman pertama dan saya tidak ingin memperbesar resiko pada sesuatu hal yang belum saya kuasai,” ujar Rea.

Kesulitan memaksimalkan potensi ban ini berdampak pada lap time yang dicetak oleh Rea, yaitu masih berselisih 3,145 detik dari Cal Crutchlow sebagai yang tercepat. Beruntung Rea masih diberikan akses khusus untuk melihat data performa Dani Pedrosa. Dari sini ia bisa belajar bagaimana memaksimalkan potensi RC213V untuk bisa lebih cepat.

Sesi tes resmi kedua akan diikuti Rea di Sirkuit Motorland Aragon pada 4-5 September 2012 mendatang. Kemudian akan memulai debutnya di MotoGP San Marino (16/9) bulan depan. (otosport.co.id)


Editor : Bagja

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa