Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisnis Aftermarket, Persatuan Insinyur Tantang Industri Aftermarket

Parwata - Selasa, 6 September 2016 | 08:04 WIB

Jakarta - Sebuah tantangan datang dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) terhadap industri komponen aftermarket Indonesia. Dalam gelaran bertajuk Apresiasi Product Development Indonesia (APDI), mereka mencari perusahaan aftermarket yang melibatkan insinyur Indonesia dalam pengembangan produknya di dalam negeri.

Toh, banyak juga industri aftermarket yang telah menyediakan akses bagi insinyur lokal dalam pengembangan produk. “Secara skill kita mampu, insinyur kita perlu ‘mainan’. Komponen aksesoris harusnya independen yang berhubungan dengan end user,” imbuh Achmad Rizal, selaku Humas PII.

Nantinya, PII akan memberikan apresiasi bagi industri aftermarket yang memberikan porsi ‘mainan’ bagi insinyur Indonesia untuk menghasilkan aneka produknya di dalam negeri. Program ini juga mendapat dukungan dari Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate), Kementerian Perindustrian.

“Dukungan kita berikan, kita sedang rancang road map-nya. Apresiasinya nanti kita buat kelas-kelasnya. Misalnya untuk komponen yang ramah lingkungan akan kita berikan penghargaan. Hal ini juga bagian untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia Indonesia,” ungkap I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Ilmate, Kemenperin.

Hal ini pun mendapat respons dari pemain aftermarket. Disebutkan jika masalah besar yang menghantui saat mengembangkan produk di dalam negeri ternyata cukup kompleks.

Yakni investasi yang justru membuat produk tak memiliki daya saing dari segi harga jual di pasaran. “Menurut saya kalau kita mengembangkan produk di dalam negeri, kendalanya besarnya adalah investasi sehingga kadang harga tidak bersaing,” ungkap Merisca Indriany, Managing Director PT Sumber Mas Autorindo, distributor alarm berlabel Master BS-2.

Pengembangan produk tak hanya berkutat pada desain namun perlu diperhitungkan biaya bahan baku hingga ongkos tenaga kerja yang terakumulasi menjadi cost produksi.

“Tantangan pengembangan produk dalam negeri adalah daya saing dari sisi harga, selama ini barang impor terutama dari China membanjiri pasar dalam negeri oleh karena harga mereka murah, walau secara kualitas banyak yang kurang baik karena berbanding lurus dengan harganya,” sebut Joseph Palupi, Marcomm and Motorcycle Product Manager PT Dirgaputra Ekapratama, pemegang merek sparepart dan aksesoris berlabel RCA.

Meski begitu ada juga yang sudah mengembangkannya.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa