Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Toyota i-Road, Most Fun Toyota Yet

Fransiscus Rosano - Sabtu, 3 September 2016 | 10:03 WIB
No caption
No credit
No caption

Shizuoka - Ketika diundang Toyota Motors Asia Pacific (TMAP) ke Jepang dalam rangka tahun ketiga kampanye keselamatan regional, OTOMOTIFNET.COM cukup terkagum ketika melihat sederetan daftar mobil terbaru penguasa matahari terbit ini.

Sebut saja Toyota Crown Majesta, Prius Generasi Keempat, Alphard Hybrid, Corolla Fielder, Lexus RC300h, bahkan mobil bertenaga hidrogen Mirai, yang artikel First Drive-nya bisa dibaca di sini.

Namun tidak satupun sederetan list di atas membuat kami tersenyum selebar saat tahu kami akan memiliki waktu kencan singkat dengan personal mobility vehicle Toyota yang sebelumnya sempat kami temui di kantor Toyota Astra Motor (TAM), i-ROAD.

Mungkin beberapa pembaca masih ingat artikel First Impression-nya di sini.

No caption
No credit
No caption
Karakter putaran yang diberikan rear wheel steering berbeda di kecepatan rendah dan tinggi

Dengan lebar hanya 870 mm, Toyota i-Road dianggap hanya lebih besar sekitar 170 mm dibanding skuter dan lebih kecil 30 mm dari motor besar, membuatnya jadi salah satu kendaraan paling praktis di dunia. Oh jangan lupa, ini anti hujan loh!

Setelah masuk ke dalam dan menyesuaikan posisi jok yang bisa slide, akan muncul indikator bertuliskan ‘READY’ di samping kanan spidometer berwarna birunya setelah anak kunci dimasukkan ke slotnya.

Tanpa tuas transmisi, pindahkan gigi cukup injak pedal rem, lalu tekan tombol D di sebelah kanan setir sampai lampu indikatornya menyala.

No caption
No credit
No caption
Tidak ada tuas transmisi, cukup operasikan dari sini saja

Jangan lupa, rem parkir di kaki kiri harus dirilis terlebih dahulu sebelum mulai jalan.

Injak pedal gas, i-Road melaju dengan sangat tenang dan mulus berkat penggunaan motor listrik pada setiap roda depannya.

Rasa deg-deg-an pertama justru menghampiri saat kami akan menghadapi tikungan yang dibatasi oleh cone kecil untuk menandai trek di dalam salah satu pit di Fuji Speedway ini.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa