Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Parking Brake Lock Yamaha NMAX, Gak Takut Meluncur

Sabtu, 1 Oktober 2016 | 09:46 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Parking brake lock (PBL) fungsinya untuk mengunci motor saat terparkir. Maksudnya mirip rem tangan pada mobil sob! Berguna banget ketika parkir di permukaan tanah yang tidak rata atau berhenti di lampu merah yang aspalnya enggak datar, tangan enggak perlu terus-terusan menekan tuas rem.

Anehnya, pada Yamaha NMAX fitur ini malah nihil, padahal skutik kecil seperti Mio series sudah pakai semua. Mau pasang PBL juga? Bisa nih! Salah satu bengkel yang sudah membuat fitur ini untuk NMAX adalah SinThink Garage (SG).

“Banyak yang ingin pasang . Akhirnya coba googling dan punya ide pakai handle rem Yamaha Mio J,” ucap Davi Margera mekanik yang menangani ini. Handle Mio J tersebut dipotong dan hanya dipakai pada bagian PBLnya saja.

Gak kehitung sudah berapa banyak handle yang dikorbankan untuk riset. Yang pasti untuk membuat hasilnya maksimal dan presisi hehe..” yakin Davi. Nah, simak nih Tips Pasang Parking Brake Lock Yamaha NMAX!

PBL pada handle rem Mio J sudah diukur supaya bisa terpasang pada master rem NMAX. Kemudian PBL ini dibaut bersamaan dengan baut handle rem. Ada 3 model yang bisa dipilih, untuk master rem standar ada yang tanpa merusak handle, ada juga yang harus melubangi untuk menyangkutkan as PBL.

“Paling enak kalau sudah ganti dengan master rem RCB, karena sudah ada coakan pada handle yang bisa dijadikan ganjalan pengunci nantinya,” lanjut pria asli Bandung, Jabar ini.

“Banyak pro dan kontra tentang fitur buatan ini, ada yang menganggap akan membuat jebol sil master rem atau membuat macet piston kaliper. Sebenarnya fitur ini hanya dipakai sementara, hanya dipakai ketika di lampu lalu lintas atau area parkir yang tidak rata. Rasanya tidak perlu terlalu khawatir,” yakinnya.

Tertarik pasang PBL? Bisa langsung kontak pria yang ngebengkel di bilangan Jati Padang, Jaksel dengan menyiapkan kocek Rp 100-150 ribu tergantung tingkat kesulitan dan permintaan. Gak usah takut motor meluncur deh! • (Fariz / otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption
Ada 3 model yang bisa dipilih sesuai kemauan
No caption
No credit
No caption
Ini handle rem asli Mio J, oleh Davi dimodifikasi. Dipotong untuk ambil bagian PBL-nya saja
No caption
No credit
No caption
Contoh pada master rem standar dengan PBL yang tidak merusak, as pengganjalnya ada di depan handle
No caption
No credit
No caption
Sudut siku ini yang menjadi penahan PBL bikinan Sinthink Garage. Ketika dibaut ke handle rem, PBL tidak bergerak karena terganjal di sudut ini
No caption
No credit
No caption
Enaknya pakai handle RCB sudah ada coakan sehingga bisa menjadi penahan PBL. Hasilnya juga jadi lebih rapi
Ini coakan pada handle yang bisa dijadikan ganjalan pengunci nantinya

Sinthink Garage : 081316667613

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa