Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Honda Tiger 2009, Vintage Scrambler Konsep Menyesuaikan Bahan

Selasa, 4 Oktober 2016 | 12:17 WIB
No caption
No credit
No caption

Denpasar - Jika mundur mengintip proses custom alias Modifikasi Honda Tiger ini, memang cukup unik. Konsepnya justru menyesuaikan bahan yang ada, pasalnya saat datang ke workshop Craze Genuine Custom (CGC), sang pemilik motor sudah membeli banyak barang dan aksesori sebagai bahan modifikasi yang akan dipasang di motornya ini.

Setelah melihat semua barang yang ada, baru diputuskan akan mengangkat konsep modifikasi vintage scrambler. Motor dan ketersediaan part-nya dirasa cocok oleh tim CGC untuk jadi penggaruk tanah sekaligus pacuan jalan raya.

Meski begitu, menurut Budi Setiawan punggawa bengkel CGC di Denpasar, Bali, tidak semua terpakai. Secara estetika kurang bagus sehingga diambil beberapa part yang memang dibutuhkan saja. Seperti roda, swing arm, suspensi, setang dan headlamp.

No caption
No credit
No caption
 

Selebihnya barang yang sudah terlanjur dibeli mau tidak mau harus digudangkan. Sedang prosesnya, rangka langsung diobrak-abrik.

“Rangka original bawaan motor kita custom dengan memotong bagian belakang agar lebih simpel dan merombak sektor depan. Area komstir dibuat lebih tinggi agar tampilan terlihat jenjang,” terangnya. Wah, klop dengan konsep scrambler-nya.

Setelah memodifikasi rangka, proses selanjutnya menjadi lebih mudah. Seperti aplikasi ban dengan tekstur kasar untuk menguatkan konsep. Atribut lain yang diaplikasi juga tinggal mengalir saja.

Cover aki dan sepatbor kita buat berbahan fiber. Sengaja tidak menggunakan pelat untuk efisiensi waktu pengerjaan. Tapi khusus untuk tangki tetap pakai pelat,” terang Budi yang workshopnya ada di Jl. Pulau Kawe, Denpasar Selatan.

Uniknya, saat tampil di final battle Honda Modif Contest (HMC) 2016 di La Piazza, Kelapa Gading, Jakut ada penyempurnaan pada mesin. Bukan performa ya, tapi sirip blok silindernya dibuat lebih lebar, hasilnya bikin pangling, ciri mesin Tiger-nya hampir hilang.

Secara proporsi dan estetika, hasil pengerjaan selama 3 bulan pada motor ini langsung mendapat apresiasi oleh dewan juri di ajang kontes modifikasi HMC seri regional maupun final battle. Apresiasi tertinggi diperoleh yakni menjadi salah satu dari tiga jawara Nasional Champion 2016. Selamat! • (Ronie / otomotifnet.com)

 

Plus: Konsep modifikasi sederhana tapi fresh
Minus: Beberapa jalur kabel terlihat kurang Rapi 

Data Modifikasi:
Ban depan : Swallow
Ban belakang : Swallow
Pelek depan : Champ
Pelek belakang : Champ
Setang : Custom
Tangki : Custom
Sok depan : Honda CB400
Sok belakang : YSS
Knalpot : Supertrapp
CGC : 082147240592

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa