Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Scorpio Z 2008, Café Racer Pak Dokter

Jumat, 9 September 2016 | 09:49 WIB
Yamaha Scorpio milik Dokter Spesialis di Purwokerto
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio milik Dokter Spesialis di Purwokerto

PURWOKERTO - Sekti Joko yang seorang dosen sekaligus dokter spesialis THT di Purwokerto, terlanjur cinta dengan aliran cafe racer. Makanya Yamaha Scorpio Z yang jadi andalannya berangkat mengajar atau ke tempat praktik, disulap jadi beraliran cafe racer.

“Karena sudah cinta, datang ke sini sambil bawa referensi beragam motor cafe racer untuk diwujudkan di Scorpio-nya,” buka Siswo Winoto, modifikator dari bengkel Win’s Paddock. “Seperti tangki maunya mirip Triumph, lampu depan model dobel dan enggan pakai buntut tawon,” lanjut Wiwin, sapaan modifikator yang sedang menanti kelahiran putra pertamanya ini.

Dari referensi yang dibawa, Wiwin bikin sketsa dan langsung disepakati oleh dokter asli Semarang itu. Seperti apa sketsa itu? Tentu persis dengan wujud aslinya ini. Tuh tangki yang berbahan aluminium mirip banget Triumph, lalu lampu utama model bulat ganda disandingkan dengan clubman handlebar.

Sisi belakang joknya mungil dengan ujung membulat, bersanding dengan sepatbor mungil dengan finishing karbon.

Demi bentuk seperti ini, sasis belakang Scorpio yang tadinya agak nungging dipotong dan dibikin rata. Sekaligus bikin dudukan sokbreker belakang baru, karena khas cafe racer yang menerapkan peredam kejut ganda.

Untuk lengan ayun bikin baru pakai pipa bulat. Detailnya unik, seperti ada 3 lubang di belakang dudukan sokbreker. Lalu di teromol ada lubang untuk pendinginan, di bawahnya juga dikasih aksen lubang pakai bubut. “Biar enggak polos,” terang modifikator 31 tahun ini.

Sementara kaki depan andalkan sokbreker Byson yang berukuran besar 41 mm. Teromolnya custom yang ditempeli disc brake di sisi kanan. “Kalipernya sengaja di depan, biar old skul seperti Honda GL100,” ujar modifikator yang beralamat di Jl. Sunan Ampel 9, Pabuaran, Purwokerto.

Dan biar aman dikasih pelindung, tambahan kecil yang bikin unik. Cakep ya! Pasti jadi lirikan mahasiswa dan pasiennya nih! • (Aant / otomotifnet.com)

Plus: Banyak detail unik custom
Minus: Plat nomor belum dipasang nih 

Data Modifikasi:
Ban: Swallow Classic 4.50-18
Sokbreker depan: Yamaha Byson
Sokbreker belakang: Honda CB750
Lengan ayun: custom by Win’s Paddock
Teromol: custom by Win’s Paddock
Footstep: custom by Win’s Paddock
Tangki: custom by Win’s Paddock
Lampu depan: custom by Win’s Paddock
Jok: custom by Win’s Paddock
Knalpot: custom by Win’s Paddock
Setang: custom by Win’s Paddock
Win’s Paddock: 0815-48886755

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa