Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha SR400 1992, Vintage Street Enduro

Parwata - Senin, 30 Januari 2017 | 16:00 WIB

Gabungan dari motor enduro yang digabungkan dengan detail ala street bobber atau chopper demi kenyamanan di jalan aspal

Jakarta - Turing, blusukan dan motor vintage custom adalah hobi Ibnu Haskoro. “Pokoknya motor gue harus tetap berpenampilan vintage tapi tetap mengutamakan kenyamanan dalam berkendara,” jelas Ibnu.

Oleh karenanya, Yamaha SR400 dipilih. Motor ini dirasa paling pas untuk seleranya. Performa untuk segala medan serta perawatan mesin yang sederhana menjadi pedoman utama.

Aliran modifikasinya juga campuran, menjadi satu konsep baru bernama ‘Vintage Street Enduro’. Gabungan dari motor off road enduro yang digabungkan dengan detail ala street bobber atau chopper demi kenyamanan di jalan aspal. Mesin dan rangka tetap dipertahankan seperti aslinya.

Selain itu karena rangka SR400 juga berfungsi sebagai sirkulasi oli (oil in frame). "Jadi sengaja dibiarkan standar,” jelas Maskel dari Coba Coba Custom Motorsaikel yang ditunjuk untuk mengerjakan proyek motor ini.

Agar handal saat diajak blusukan, suspensi depan pakai trail special engine Yamaha YZ125 keluaran lawas. Bentuknya masih teleskopik biasa. Sedang yang belakang, dikawal suspensi Redwings Hammerhead. Kombinasi rodanya juga sudah enduro banget, yang depan ring 21 inci, belakang 18 inci dikawal ban kembang pacul.

Kaki-kaki sudah mumpuni diajak offroad , giliran desain bodinya menyasar tampang lawas. Dari tangki, sepatbor depan-belakang, cover aki menggunakan pelat besi 1,5 mm. Untuk masalah finishing, bodi dibiarkan tanpa cat hanya dilapis vernis.

Uniknya, untuk mendukung kenyamanan, setang dibuat menjulang. Jadi riding position tetap santai saat dipakai turing. Main tanah ayuk, turing juga boleh!   Aaron/otomotifnet.com

Plus: Konsep unik, belum ada yang pakai
Minus: Minim perangkat lalu lintas

Data Modifikasi
Pelek Depan: DFT 2.15x21
Pelek Belakang: DFT 3.50x18
Ban Depan: Metzeler Karoo 3 90/90-21
Ban Belakang: Metzeler Karoo 3 150/70-18
Sokbreker Depan: Yamaha YZ125
Sokbreker arm: Redwings Hammerhead
Lampu Depan: Cibie 175 cesar

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa