Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Figur : Merisca Indriyani. Prinsip Paten Ibu Sekjen

Parwata - Sabtu, 11 Februari 2017 | 14:58 WIB

Jakarta - Setiap kesuksesan memiliki kunci tersendiri untuk meraihnya. Sebab memiliki kemampuan saja tidak cukup. Lalu apa kunci sukses Merisca Indriany, Managing Director PT Sumber Mas Autorindo (SMA), produsen alarm mobil yang bergelut di bidang ini selama 25 tahun? Ternyata ia punya prinsip yang paten.

“Bangun fokus dan komitmen. Lalu kerja keras. Tanpa kerja keras mana bisa kamu mau ada hasil,” buka Merisca yang juga menjabat sebagai Sekjen Gabungan Aftermarket Otomotif Indonesia (GATOMI) ini.
 
Menurut Merisca, kompetisi memang berat tapi peluang selalu ada. Tinggal bagaimana pebisnis menjalaninya. Ia sendiri memulai bisnis dari bekerja sebagai sales alarm. Merisca tak melupakan masa-masa saat menjual alarm secara eceran ke pemilik mobil dan dealer-dealer. Hingga akhirnya berhasil menembus pabrikan mobil.

Hal tersebut didukung kondisi market saat itu. “Di bawah tahun 2000 mobil-mobil bahkan mobil mewah seperti BMW dan Mercedes-Benz belum ada alarm dan central door lock. Semua masih pakai anak kunci, belum ada remote. Akhirnya banyak yang pakai, kecuali pikap,” kenang Merisca.

Menguasai pasar, ia tak lagi menjual alarm. Melainkan merintis usaha pembuatan alarm sendiri yang dimulai tahun 2009 lewat bendera SMA. Hal ini jauh lebih sulit karena ada banyak persyaratan dari pabrikan mobil. “Ada standarisasinya.

Harus lulus testing yang dilakukan pabrikan. Development history, schedule semua diaudit. Kita ada tim development, quality control, logistics dan lain-lain,” terangnya.“Mendevelop alarm enggak gampang mulai dari nol.

Saya coba membangun organisasinya. Tahun 2010 coba mensuplai kecil ke main dealer untuk memupuk kepercayaan,” tambah Merisca yang mengantongi ISO9001 dan ISO14001 untuk perusahaannya. Nah, ini patut ditiru generasi muda Indonesia. Iday/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa