Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Vespa GTS Super 150, Bore Up Naik 4 Dk

Parwata - Jumat, 17 Maret 2017 | 14:01 WIB
Vespa GTS 150 bore 200 cc, naik 4 dk
Dok. OTOMOTIF
Vespa GTS 150 bore 200 cc, naik 4 dk

Jakarta - Vespa GTS dengan mesin 150 cc rasanya kurang greget. Bodi bongsor tapi tenaganya sama kaya Vespa Sprint atau Primavera. Salah satunya Bambang Sembodo yang mengaku kurang puas.

“Motor ini bodinya gede banget tapi mesin cuma 150 cc. Apalagi dengan badan gue juga gede hehe...  Makanya bore up aja deh sekalian,” tuturnya.

Lalu seperti apa ubahannya? Langsung lihat modifikasi yang dilakukan di bengkelnya sendiri, Seventeen Garage yang berada di bilangan Taman Galaxy, Bekasi. (Fariz  / Otomotifnet.com)

Bore up 200 cc

Agar tenaga melonjak langkah bore up dilakukan

“Pakai blok silinder kit USR dengan piston 65 mm. Piston forging dengan blok silinder berbahan alumunium,” ucap Dodo sapaannya.

Dengan panjang langkah 58,6 mm itu berarti kapasitas mesin jadi menjadi 194,3 cc atau 200 cc. Piston dibuat dome tinggi sehingga perbandingan kompresi jadi 11,7: 1.

Klep Besar

Menyesuaikan volume silinder yang besar, jalur keluar masuk campuran udara dan bensin pun diperbesar.

“Klep in 24 mm dengan batang 4,5 mm dan ex 21 mm batang 5 mm, bahannya titanium. Klep ini biasa dipakai di mesin balap motor jepangan,” ujar Pede mekanik di Seventeen Garage yang menggarap motor ini.

Noken As Durasi 270°

Buka tutup klep diatur dengan noken as custom berdurasi 270°. “Klep in buka di 52° dan ex 54°. Tenaga dibuat berisi sejak rpm rendah, apalagi di rpm tinggi motor ini jos banget,” lanjut pria berambut kriwil ini.

Knalpot GTS 250

Knalpot justru pakai kepunyaan kakaknya, “Karena kepunyaan GTS 250 lebih besar jadi secara estetika pas dengan bodinya. Kalau pakai kepunyaan 150 bentuknya kecil gak pas,” tunjuk Dodo yang tinggal di bilangan Pondok Gede, Bekasi.

Piggyback Polini

Untuk memanipulasi ECU agar debit semprotan bahan bakar sesuai dengan kapasitas mesin yang sudah melonjak dipakaikan piggyback Polini asal Italia, cara aturnya mudah hanya menggunakan obeng pipih.

CVT Standar

Bagian CVT justru dibuat standar oleh Dodo, “Sebelumnya pakai Polini tapi tidak cocok dengan spek mesin yang sekarang, atasnya motor teriak doang,” tuturnya.

Akhirnya hanya menggunakan per torsi 1.500 rpm dan pulley custom, “Pulley standar cuma ubah derajat kemiringan dan lebarin jalur roller aja sudah enak nih,” ucap Pede yang sedang pulang kampung saat dihubungi.

Vespa GTS 150 bore 200 cc, naik 4 dk
Dok. OTOMOTIF
Vespa GTS 150 bore 200 cc, naik 4 dk
 

Naik 4 dk

Untuk mengetahui perubahan tenaga motor langsung saja diboyong ke atas mesin dyno Dynojet milik Duta Motor Sport di Jl. M.Hasibuan No.60, Bekasi Barat.

Motor yang punya basis mesin sama dengan Vespa Sprint 150 3V ie ini punya tenaga standar 10,40 dk dan torsi 9,28 Nm.

Setelah upgrade tenaga maksimum menjadi 14,80 dk pada 8.800 rpm dan torsi 12,04 Nm di 8.800 rpm juga. Berarti ada kenaikan tenaga hampir 4 dk dan torsi 2 Nm pada motor lansiran 2014 ini, sudah cukup ngacirr...

Duta Motor Sport : 021 - 883-45166
Seventeen Garage : 021-82732678

 

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa