Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota FT-4X Concept Jadi Cikal Bakal FJ Cruiser di Masa Depan

Fransiscus Rosano - Rabu, 12 April 2017 | 13:04 WIB
No caption
No credit
No caption

New York - Masih ingat Toyota FJ Cruiser yang baru saja stop produksi beberapa tahun lalu? Nah, mungkin anda sedang menatap masa depannya saat ini.

Thanks to Kelley Blue Book, kini informasi lengkap mengenai FT-4X Concept serta foto-fotonya bisa dinikmati terlebih dahulu sebelum perdananya nanti malam di New York Auto Show 2017.

Meski bentuk kotaknya memang mirip 4x4 modern Toyota FJ Cruiser, namun dimensi FT-4X Concept sebenarnya jauh lebih kecil.

No caption
No credit
No caption
Toyota FT-4X Concept dengan bentuk boxy, sangat terlihat mirip FJ Cruiser meski dimensinya jauh lebih kecil

Panjang yang hanya 4.249 mm dan lebar 1.821 mm sebenarnya tidak jauh dari Yaris Heykers, sedangkan tingginya 1.623 mm membuat jati dirinya lebih jelas sebagai SUV.

Yang membuatnya menarik, dimensi kompak tersebut dibarengi lekukan mengotak, namun tetap terlihat futuristik di setiap bagiannya. Beberapa part unik termasuk pintu belakang hitam yang bisa dibuka ke atas, maupun ke samping ala pintu koboi.

Belum lagi, fascia depan, belakang hingga profil menunjukkan karakter berbentuk 'X' yang dicerminkan dari namanya. Sedangkan overfender besar dan ban offroad sangar kembali menguatkan jati diri SUV-nya.

No caption
No credit
No caption
Pintu bagian belakang FT-4X Concept bisa dibuka dengan dua cara
No caption
No credit
No caption
Dibuka ke samping ala cowboy doors
No caption
No credit
No caption
atau dibuka ke atas

Dengan warna utama oranye, beberapa part putih seperti di gril yang mengitari headlight kotak, atap putih, wujudnya jelas terlihat sangat mencolok.

Sama dengan CH-R, Camry anyar di Amerika Serikat dan Prius generasi ke empat, Toyota FT-4X Concept ini juga sudah menggunakan platform terbaru TNGA (Toyota New Global Architecture).

Keunikan FT-4X Concept ini kembali terulang di dalam.

No caption
No credit
No caption
Dasbor mengutamakan utilitas dengan banyaknya ruang yang tersedia
No caption
No credit
No caption
Gabungkan instrument cluster digital dengan dock smartphone, unik ya?

Toyota menggabungkan kesan futuristik dan rugged di dalam, dengan bentuk-bentuk dasbor hingga konsol tengah yang kaku dan berlubang. Unik juga, instrument cluster digital yang digabungkan dengan dock smartphone untuk diletakkan di atasnya.

Jok dengan headrest terintegarsi terlihat unik dengan bahan suede, mengitari konsol tengah dengan kasur lipat dari The North Face dan boombox yang bisa dibongkar-pasang.

Bagian kargo bisa dibuka hingga menyisakan ruang lebih besar lagi

Kabin Toyota FT-4X Concept dibagi ke tiga bagian terpisah, yaitu zona Clear (jernih) di depan, Wet (basah) di tengah dan Cargo (barang) di belakang.

Dalam press release yang diberikan Toyota sebelumnya, FT-4X Concept ini dapat menggunakan mesin 4-silinder berkapasitas kecil dan dapat dilengkapi penggerak empat roda dengan gigi low-range.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa