Mitsubishi Colt T120 1979, Makin Tua, Makin Lincah

Otomotif R4 - Selasa, 30 Mei 2017 | 13:17 WIB

Jakarta - Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Ini bisa menggambarkan Colt T120 kelahiran 1979 milik Bambang ini   Ini lantaran Bambang Legowo, si empunya sengaja menjadikan mobil ini alat transportasi yang wajib tangguh untuk perjalanan luar kota. 

Maka jangan kaget kalau biaya yang ia habiskan untuk mendandani mencapai lebih dari Rp 210 juta. Modifikasi yang ia lakukan benar fungsional, mempertimbangkan faktor kenyamanan, keamanan serta estetika. 

Demi faktor keamanan, beberapa panel bodi malah diganti baru, mulai dari muka depan, pintu-pintu hingga dek. ”Pintu dan bagian muka malah dapat dalam kondisi baru,” kekeh warga Tangerang ini. Ia pun mengganti baru semua frame kaca samping kiri dan kanan. 

Agar performa mampu diandalkan, dapur pacu asli sengaja diganti copotan Mitsubishi Colt L300 tahun muda, termasuk penggantian transmisi 5 speed-nya.  Modifikasi peningkat performa sistem plug and play (PnP) juga diminati Bambang. Itu makanya ia mendatangi Elika Automotive Performance di Taman Sari, Jakarta Barat. 

Beberapa peranti Simota Racing dari mulai power torque, turbo ventilator, oil catch tank, kabel grounding, filter udara serta busi iridium sengaja dipasangkan. 

Bagian kaki-kaki tak mau kalah prima, terutama kaki belakang, ikut diganti dengan milik Colt L300. “Ganti gardan, gigi gardan rasio 9 ke rasio 7, termasuk bearing dan kampas rem, kalau rem depan ganti dari tromol jadi disc brake,” kata Bambang yang habiskan Rp 15 juta lebih untuk biaya modifikasi kaki-kaki. 

Sisi kenyamanan juga ia optimalkan. Setelah penggantian mesin, kini sistem pendinginan pun bisa disematkan. Tak mau tanggung, AC double blower dipasangkan, kompresornya menggunakan Denso, blower bagian belakangnya dipakai milik Kijang kapsul. 

Sempat menjajal keliling daerah Alam Sutera, Tangsel. Performa meningkat jauh dari kondisi standarnya. Itupun sudah dipasangkan AC yang dinginnya sampai ke kabin belakang. Mantap punya deh pokoknya. 
 
Pantas saja Bambang nyaman sekali melakukan perjalanan ke luar kota hingga ke Solo. Belum lagi hiburan dalam kabin disumbang peranti audio bersistem sound quality racikan Audio Tones di Serpong. * Kyn/otomotifnet.com


Data Modifikasi

Mesin: Mitsubishi L300, ganti transmisi 5 speed, electric power steering, power torque Simota Racing, turbo ventilator Simota, oil catch tank Simota, grounding Simota, filter udara Simota, busi Iridium, header custom, twin muffler custom, volt stabilizer Qmax, engine cut off  

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Otomotif R4

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa