Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ertiga Penjualan Merosot, XL7 Disebut Jadi Perebut Konsumen, Suzuki Bantah Keras

Muhammad Ermiel Zulfikar,Ignatius Ferdian - Senin, 8 Juni 2020 | 20:30 WIB
Suzuki XL7
Okkie Dwi
Suzuki XL7

Otomotifnet.comErtiga bisa dibilang turun pamor semenjak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) merilis XL7 pada Februari 2020 kemarin.

Diambil dari data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Ertiga hanya mengumpulkan angka penjualan secara wholesales (pabrik ke dealer) sebanyak 3.997 unit selama periode Januari hingga April 2020.

Sementara di periode yang sama, XL7 sukses unggul dengan mengumpulkan angka wholesales sebanyak 4.252 unit.

Hal ini sempat menimbulkan spekulasi bahwa kehadiran XL7 telah merebut sebagian konsumen dari Ertiga, dan juga jadi penyebab anjloknya penjualan model yang bermain di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut.

Namun saat dikonfirmasi, pihak Suzuki pun dengan tegas membantah spekulasi tersebut dan menyebut kedua produknya itu menyasar konsumen yang berbeda.

"Jadi kan agak berbeda tipikal konsumennya, kalau kami lihat Ertiga ini banyak first car buyer ya, hampir 80 persennya. Terus dari sudut pandang demografi lebih muda," ujar Donny Saputra, selaku Marketing Direktur 4W SIS saat dihubungi belum lama ini.

Donny menjelaskan, pihaknya melihat sebagian besar dari konsumen XL7 sudah memiliki pengalaman dalam memiliki kendaraan sebelumnya.

Sehingga karakternya lebih mature (matang) jika dibandingkan dengan Ertiga yang mayoritas merupakan first time buyer, atau yang baru pertama kali melakukan pembelian kendaraan.

Baca Juga: Suzuki Simpan Amunisi Baru, Tahun Ini Meluncur, Pas di Semester Dua

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa