Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Komponen Eksterior Mobil, Mulai Depan Sampai Belakang

Anto Beding - Rabu, 17 Juni 2020 | 10:00 WIB
Bodi mobil sedan dari samping
Dok. Otomotif
Bodi mobil sedan dari samping

Otomotinet.com - Kita tentu mengenal bentuk atau tipe bodi mobil. Sedan, MPV, hatchback, kupe dan lainnya. Nah, komponen apa saja yang ada di eksterior mobil?

Sedan penumpang 4 pintu contohnya. Bodi mobil seperti ini umumnya terdiri atas 3 bagian (three box). Yaitu bagian mesin (engine box), ruang penumpang (passanger box) dan ruang bagasi (boot).

Dari bagian depan, penutup ruang mesin. Ada dua istilah buat komponen ini yaitu bonnet (dipakai di Inggris) dan hood (dipakai di Amerika).

Lalu di ujung hidung mobil ada grill sebagai penghias yang jadi bagian dari desain hidung mobil, sekaligus menutup dan melindungi radiator.

Di bawahnya ada bumper depan yang ujung kanan-kirinya dipasang driving light. Posisi lampu ini tak boleh lebih tinggi dari bumper dan lampu utama di depan.

Sedikit ke belakang, di atas roda depan ada spatbor depan atau front fender untuk menutupi ruang rodanya. Di bagian dalam fender ada inner-fender, biasanya dibuat dari plastik yang bentuknya membulat mengikuti bagian dalam fender.

Fungsinya mencegah cipratan air, kotoran atau lontaran kerikil masuk ke ruang mesin.

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa