Mengenal Komponen Eksterior Mobil, Mulai Depan Sampai Belakang

Anto Beding - Rabu, 17 Juni 2020 | 10:00 WIB
Bodi mobil sedan dari samping
Dok. Otomotif
Bodi mobil sedan dari samping

Otomotinet.com - Kita tentu mengenal bentuk atau tipe bodi mobil. Sedan, MPV, hatchback, kupe dan lainnya. Nah, komponen apa saja yang ada di eksterior mobil?

Sedan penumpang 4 pintu contohnya. Bodi mobil seperti ini umumnya terdiri atas 3 bagian (three box). Yaitu bagian mesin (engine box), ruang penumpang (passanger box) dan ruang bagasi (boot).

Dari bagian depan, penutup ruang mesin. Ada dua istilah buat komponen ini yaitu bonnet (dipakai di Inggris) dan hood (dipakai di Amerika).

Lalu di ujung hidung mobil ada grill sebagai penghias yang jadi bagian dari desain hidung mobil, sekaligus menutup dan melindungi radiator.

Di bawahnya ada bumper depan yang ujung kanan-kirinya dipasang driving light. Posisi lampu ini tak boleh lebih tinggi dari bumper dan lampu utama di depan.

Sedikit ke belakang, di atas roda depan ada spatbor depan atau front fender untuk menutupi ruang rodanya. Di bagian dalam fender ada inner-fender, biasanya dibuat dari plastik yang bentuknya membulat mengikuti bagian dalam fender.

Fungsinya mencegah cipratan air, kotoran atau lontaran kerikil masuk ke ruang mesin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Maulana

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa