Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Purging Mobil Bensin, Saat Uji Akselerasinya Bikin Kaget!

Andhika Arthawijaya - Minggu, 2 Agustus 2020 | 21:30 WIB
Porses purging di Ertiga Dreza untuk membersihkan injector, dengan cara disuntik lewat fuel rail.
Andhika Arthawijaya/Otomotifnet
Porses purging di Ertiga Dreza untuk membersihkan injector, dengan cara disuntik lewat fuel rail.

Otomotifnet.com – Sobat tahu purging kan? Itu tuh, proses membersihkan saluran bahan bakar dengan cara disuntik cairan cleaner menggunakan alat khusus berbentuk tabung.

Nah, beberapa waktu lalu Otomotifnet.com sudah membahas soal purging mobil diesel. Kali ini giliran purging mobil bensin.

O iya, tujuan purging ini sebenarnya sama dengan di mesin diesel, yakni untuk membersihkan saluran bahan bakar, khususnya injector, dari tumpukan kerak atau deposit.

Tapi tentu tak hanya bersihkan injector saja, kami juga bersih-bersih deposit di throttle body (TB) hingga intake manifold-nya.

Baca Juga: Suzuki Ertiga Dreza Pakai Injector 4 Holes Vs 8 Holes, Kencangan Mana?

Bahan praktiknya di Suzuki Ertiga GX A/T keluaran 2013 dan Suzuki Dreza GS A/T produksi 2017, menggunakan chemical pembersih berlabel Bluechem asal Jerman.

“Untuk bersihkan TB berikut intake hingga ruang bakar, bisa pakai Bluechem Tripple X Air Intake Cleaner. Cairan ini ada untuk mobil bensin dan diesel,” bilang Sutisna, Technical Support PT Trioline Agung Perkasa, distributor Bluechem di Indonesia

Masih kata Sutisna, cairan pembersih ini dijamin ampuh mengikis deposit yang nempel TB, saluran intake, hingga ruang bakar, namun aman terhadap material logam.

Teknik purging yang diterapkan di Ertiga GX A/T 2013, yakni menggunakan alat berupa tabung untuk menyemprotkan cairan cleaner ini dalam bentuk kabut ke dalam saluran intake, lewat pipa karet (boot) dari boks filter udara menuju throttle body.

Membersihkan saluran bahan bakar mobil bensin lewat karet boot TB, menggunakan teknik purging
Dok. OTOMOTIF
Membersihkan saluran bahan bakar mobil bensin lewat karet boot TB, menggunakan teknik purging

Editor : Andhika Arthawijaya
Sumber : Tabloid OTOMOTIF

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa