Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Truk dan Bus Baru Diboyong Dari Dealer, Unit Memang Enggak Utuh, Ada Alasannya

Ignatius Ferdian,Harun Rasyid - Minggu, 16 Agustus 2020 | 14:30 WIB
Ilustrasi bus Hino R260 yang masih berupa sasis dan mesin saja.
Tribunnews.com
Ilustrasi bus Hino R260 yang masih berupa sasis dan mesin saja.

Otomotifnet.com - Belum banyak yang tahu saat membeli truk atau bus ternyata unitnya tidak utuh, berbeda dengan mobil penumpang semisal MPV atau SUV.

Karena saat membeli mobil penumpang atau pribadi, sudah pasti pembeli akan mendapat unit secara utuh mulai dari mesin, bodi hingga seluruh bagian lainnya, tapi tidak untuk truk dan bus.

Makanya, jangan heran ketika membeli bus dan truk baru, pembeli hanya mendapat mesin, sasis serta roda dan kepala truknya.

Menurut Engkos Kosasih, Business Consultant dealer Hino Indomobil Prima Niaga di Depok, Jawa Barat, dealer mobil komersial memang tidak pernah menjual unit yang langsung jadi atau utuh baik itu bus maupun truk.

Baca Juga: Tata Motors Gelar Program Beli Truk Gratis Pikap, Apresiasi Konsumen

Ilustrasi truk baru
Mitsubishitangerang.com
Ilustrasi truk baru

"Dealer truk atau bus baru memang hanya menjual unit berupa kepala, mesin, sasis serta rodanya. Hal ini karena bagian bodi bus, bak atau cargo truk akan dibuat oleh pihak karoseri bus dan truk," ujar Engkos (14/8/2020).

"Karena itu harga on the road yang tercantum di pricelist mobil komersial itu belum termasuk pembuatan bodi bus dan bagian muatan truk di karoseri," lanjutnya.

Namun Engkos menyebut, biaya pembuatan bak, cargo atau bodi bus di karoseri bisa melebihi harga unit yang dibeli konsumen di dealer.

"Truk atau bus kan ada berbagai macam tipe dan modelnya, konsumen nantinya akan diberi tahu spesifikasi dari mobil yang dibeli. Misalnya truk tipe A fungsinya untuk bak terbuka atau tangki, tipe B untuk cargo atau wing box. Setelah beli mobilnya konsumen tinggal melengkapi bagian lainnya di karoseri. Tapi harga jasanya bisa sama atau lebih dari harga mobilnya, tergantung spek yang diminta," jelasnya.

Baca Juga: Belanja Spare Part Hino Bisa Dari Rumah, Modal Situs E-Commerce

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa