Hore! Bank Indonesia Kabulkan DP Nol Persen Kredit Kendaran Listrik

Harryt MR - Minggu, 6 September 2020 | 22:10 WIB
Mulai 1 Oktober 2020, Bank Indonesia mengabulkan ketentuan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) khususnya kendaraan listrik
Harryt/Otomotifnet.com
Mulai 1 Oktober 2020, Bank Indonesia mengabulkan ketentuan Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) khususnya kendaraan listrik

Otomotifnet.com - Terhitung mulai 1 Oktober 2020, Bank Indonesia mengabulkan DP (Down Payment) nol persen untuk kredit kendaraan listrik.

"Untuk mendukung pemberian kredit atau pembiayaan kendaraan bermotor yang berwawasan lingkungan menurunkan DP dari 10% ke 0%,”

“Kendaraan roda tiga jadi 0% dan roda tiga atau lebih ke 0% berlaku 1 Oktober 2020," terang Perry Warjiyo, Gubernur BI (19/8).

Seperti diketahui, sebelumnya uang muka kredit kendaraan listrik dipatok sebesar 5-10%. Hal ini terkait dengan instruksi Perpres 55/2019.

Baca Juga: Ini Sebab Penjualan Kendaraan Lesu, Daya Beli Masyarakat Dihadapkan Dua Kondisi

Yakni tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Menyikapi hal ini, Suwandi Wiratno selaku Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) mengatakan, kebijakan tersebut merupakan langkah positif untuk pembiayaan kendaraan masa depan yang ramah lingkungan.

"Kami menyikapi positif saja pemberian DP nol persen untuk motor listrik maupun mobil listrik itu diperbolehkan oleh BI," papar Suwandi, seperti dikutip dari GridOto.com (21/8/2020).

Lebih lanjut ia menyebut, masyarakat jangan kaget jika kebijakan DP 0% kendaraan listrik bisa tidak diikuti oleh perusahaan pembiayaan (leasing).

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa