Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Alasan Mesin Mobil Dengan Turbo Tidak Boleh Pakai Sembarang Oli

Andhika Arthawijaya - Kamis, 5 November 2020 | 22:40 WIB
Ilustrasi mesin Honda CR-V Turbo berkapasitas 1.498 cc 4 silinder
Rianto Prasetyo/GridOto
Ilustrasi mesin Honda CR-V Turbo berkapasitas 1.498 cc 4 silinder

Otomotifnet.com – Umumnya mobil yang menggunakan dapur pacu dengan teknologi force induction macam turbocharger, oli mesinnya berbeda dengan mobil bermesin Naturally Aspirated (N/A) atau tanpa turbo.

Untuk mesin turbo bensin mobil-mobil keluaran sekarang, lazimnya menggunakan oli mesin dengan standar mutu atau API Service SN+.

“Sekarang desain mesin supaya hemat, cc-nya (dibikin, red) kecil, namun ditambahi turbo,” buka Hanifuddin, peneliti di Lembaga Minyak Bumi & Gas (Lemigas)

Masih kata Hanif sapaan akrabnya, untuk pemakaian dalam kota umumnya kita tidak butuh power, melainkan lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga: Begini Cara Bandingkan Tingkat Penguapan Oli Beda Merek/Jenis

Ilustrasi beragam oli di pasaran
Ryan/GridOto
Ilustrasi beragam oli di pasaran

“Contohnya mesin 1.500 cc dengan turbo, di kota tidak perlu turbonya on biar irit. Berbeda bila mobil digunakan keluar kota, biasanya butuh kencang, sehingga turbonya on,” tambahnya.

Nah, ketika turbonya on, lanjut Hanif, ternyata turbo ini punya efek, “Karena dia mesinnya kecil atau kompak, ruangannya (silinder, red) kecil trus ada turbo, dia jadi lebih panas,” jelas Hanif.

Lantaran lebih panas, lanjutnya, di dalam ruang bakar ini tidak boleh ada kotoran sedikit pun.

“Jadi panas ini bisa membuat kotoran-kotoran tersebut berubah menjadi kayak hot spot, seperti titik nyala. Ini yang bisa memicu knocking atau pembakaran dini,” terangnya lagi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa