Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Otomotifnet dengan Honda


Skutik Besar Otomotifnet

Ramai-ramai Beralih Menggunakan Skutik Besar, Ternyata ini Jadi Alasannya!

Nana Triana - Jumat, 2 April 2021 | 14:46 WIB
Tiga komika top Tanah Air, Dodit Mulyanto, Babe Cabita, dan Arie Kriting kompak menggunakan All New Honda PCX
Dok. AHM
Tiga komika top Tanah Air, Dodit Mulyanto, Babe Cabita, dan Arie Kriting kompak menggunakan All New Honda PCX

Otomotifnet.com – Dalam beberapa tahun terakhir skuter matik (skutik) besar menjadi trend baru bagi masyarakat di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan terus meningkatnya jumlah penjualan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan riset yang dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) pasar skutik besar terus mengalami pertumbuhan, pada 2015 market share skutik 150cc hanya sekitar 12 persen, namun tahun 2018 meningkat hingga 23 persen dari total penjualan skutik di Indonesia.

Tidak sedikit pengendara roda dua beralih ke skutik besar, termasuk tiga komika top Tanah Air, Babe Cabita, Dodit Mulyanto, dan Arie Kriting. Mereka memilih Honda PCX 160 sebagai tunggangan. 

Dalam unggahan Instagramnya Dodit Mulyanto memamerkan skutik besar tersebut bersama kedua rekan sesama komikanya tersebut. 

Kami bersama sekarang menjadi boyband agar menyaingi Westlife, nih motor kita uda couplean, ada yang minat gabung? Kalo minat syaratnya IPK harus 3,80” tulisnya pada caption yang diunggah Kamis, (25/3/2021). 

Baca Juga: All New Honda PCX160 Siap Turing, Windshield Tinggi, Spion Forza

Tampilan elegan tidak menjadi satu-satunya faktor skutik premium berbodi besar digemari pengendara roda dua. Ada beberapa faktor lain yang menjadi alasan. Dua di antaranya, performa dan kenyamanan. 

Selama ini pengendara motor kerap mengeluhkan posisi berkendara dengan kaki yang terlalu lama menekuk serta posisi stang yang kurang ergonomis dengan tinggi badan membuat cepat lelah.

Pada kondisi tertentu, kapasitas silinder yang kecil juga membuat motor kurang responsif sehingga menyulitkan pengendara saat bermanuver.

Pengendara motor tentunya memimpikan kendaraan yang dapat digunakan untuk segala kesempatan. Selain mudah dikendarai dan punya performa tinggi, motor yang dapat menciptakan sensasi berkendara nyaman saat menempuh perjalanan jarak dekat maupun jauh akhirnya didambakan.

Baca Juga: Honda PCX160 Konsumsi Bensinnya Segini, Mesin Bertenaga Tetap Irit?

Nah, berikut ini beberapa ulasan kenapa skutik besar dapat memenuhi impian tersebut.

Nyaman saat dikendarai

Desain bodi yang besar mempengaruhi posisi berkendara, sehingga pengendara tidak mudah pengendara tidak cepat capek dan pegal  saat harus melalui perjalanan panjang.

Pada motor jenis ini, biasanya dilengkapi deck untuk meletakan kaki yang cukup luas sehingga pengendara bisa memilih posisi kaki sesuka hati, mulai dari menekuk 45 derajat sampai selonjoran.

Kapasitas bagasi yang luas

Tingkat mobilitas yang tinggi, menuntut masyarakat untuk membawa beberapa barang bawaan saat bepergian. Tidak hanya pengguna mobil, pengguna sepeda motor pun kini sering membawa barang bawaan dalam jumlah besar.

Masalahnya, beberapa jenis motor khususnya skutik tidak memiliki bagasi yang luas. Hal tersebut sering menjadi polemik untungnya masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan skutik besar ini.

Baca Juga: Honda PCX Series Getar dan Berisik di Area Bodi Belakang, Solusi Mudah dan Murah

Biasanya, skutik model ini memiliki kapasitas bagasi yang luas hingga menampung 30 liter. Dengan begitu, pengguna dapat membawa banyak barang bawaan termasuk helm cadangan saat bepergian.

Desain bodi yang mewah dan elegan

Sebagai motor berjenis premium, skutik besar didesain mewah dan elegan. Memikat perhatian bagi siapapun yang melihatnya.

Performa mumpuni

Selain kenyamanan, skutik premium berbodi besar juga memiliki performa mumpuni. Dengan kapasitas di atas 150 cc, membuat motor jadi lebih bertenaga dan memiliki torsi yang cukup besar sehingga performa motor tetap stabil meski digunakan untuk berboncengan.

Empat kelebihan tersebut dimiliki juga oleh Honda PCX 160  yang dipilih Geng Komika Dodit Mulyanto, Babe Cabita, dan Arie Kriting. Motor ini hadir dengan mengusung mesin generasi terbaru dengan kapasitas 160 cc 4 katup eSP+, berpendingin cairan, yang mampu menjaga suhu mesin jadi lebih stabil.

Baca Juga: Fix, Ini Dia Honda PCX160, Pakai Mesin 4 Klep 156,9 Cc tapi Tanpa VTEC

Mesin ini mampu menyemburkan tenaga hingga 11,8 kW pada 8500 rpm dengan torsi maksimal 14,7 Nm di 6500 rpm. Sensasi bertenaga yang dihadirkan skutik premium ini pun semakin mewujudkan kesenangan berkendara.

Bukan cuma kapasitas, mesin baru ini juga punya rasio kompresi tinggi, 12:1, termasuk throttle body membesar jadi 28 milimeter (mm), dan didukung konstruksi filter udara baru sehingga pasokan udara diklaim lebih maksimal.

Kemudian, sistem pelumasan dan pendinginan pun ada yang baru, salah satunya ada oil jet, yang bertugas menyemprot oli ke bagian belakang piston, sehingga lebih dingin dan bisa mencegah knocking.

Menariknya lagi, motor yang baru beberapa bulan diluncurkan ini, disematkan fitur baru,yakni Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang berfungsi sebagai kontrol traksi untuk mencegah selip pada roda belakang.

All New Honda PCX juga dirancang menggunakan rangka underbone baru yang diklaim lebih ringan. Dengan begitu, motor dapat diajak selap selip di tengah padatnya jalanan perkotaan.

Baca Juga: Honda PCX 160 Diserbu Part Aftermarket, Ditawari Body Carbon, Mulai Rp 400 Ribuan

Selain itu, pengendara juga akan merasakan kenyamanan saat berkendara berkat stang yang dirancang secara ergonomis dengan pijakan kaki yang luas.

Untuk desain, motor ini hadir dengan tampilan baru yang menggabungkan desain yang elegan dengan garis dinamis yang impresi serta dibalut dengan kemewahan di setiap sisinya.

Perubahan pada desain lampu pun semakin mendukung kesan mewah pada skutik premium ini. Desain lampu depan yang bersudut dengan posisi yang lebih horizontal dan melebar, serasi dengan desain keseluruhan All New Honda PCX.

Cahaya dengan efek tiga dimensi dihadirkan pada desain lampu belakang skutik premium ini. Dengan mempertahankan lampu LED pada semua sistem tata cahaya, semakin mendukung kemewahan dan kecanggihan All New Honda PCX semakin terasa.

Di bagian panel instrument terdapat sejumlah fitur informasi terbaru. Mulai dari indikator baterai, perawatan v-belt, hingga indikator fitur HSTC pada varian ABS dan e:HEV.

Untuk mendukung gaya hidup masyarakat saat ini. All New Honda PCX disematkan USB charger type A, di mana sudah tersedia socket USB untuk melakukan pengisian daya.

Selanjutnya, ada fitur fuel tank with cup holder atau dudukan untuk tutup tangki yang membuat pengendara tak perlu repot memegangi tutup tangki saat isi bensin. 

Skutik premium ini juga telah didukung dengan Honda Smart Key berdesain baru yang dilengkapi anti theft alarm dan answer back system pada semua varian yang dapat memberikan kebanggaan serta tampilan berkelas.

Fitur andalan lain tetap ada, seperti seluruh lampu pakai LED, rem dengan CBS atau ABS, Idling Stop System (ISS) dan Smart Key.

Baca Juga: PCX 160 Jadi 173 Cc, Ubahan Stage 1, Tenaga Naik Hingga 2,7 Dk

All New Honda PCX dipasarkan dengan 3 varian yaitu CBS, ABS, dan e:HEV. Untuk Honda PCX 160 varian CBS pelanggan dapat memilih warna wonderful white, majestic matte red, glorious matte black, dan marvelous matte gray.

Selanjutnya, untuk tipe ABS terdapat warna wonderful white, majestic matte red, royal matte blue, dan brilliant black. Sementara, untuk tipe e:HEV tersedia dalam satu warna, yaitu horizon white.

Menarik bukan? Yuk, rasakan sensasi berkendara dengan All New Honda PCX seperti yang dilakukan oleh sejumlah selebritis Tanah Air, diantaranya dari Dodit Mulyanto, Babe Cabita, dan Arie Kriting beberapa waktu lalu.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa