Cek Fakta Relaksasi PPnBM DTP, Terbukti Dongkrak Perekonomian Nasional

Harryt MR - Kamis, 19 Agustus 2021 | 23:15 WIB
Diskon PPnBM 100 persen diperpanjang hingga Agustus 2021. Terendus adanya peningkatan penjualan mobil baru
Dok. Otomotif
Diskon PPnBM 100 persen diperpanjang hingga Agustus 2021. Terendus adanya peningkatan penjualan mobil baru

Otomotifnet.com - Tak diragukan program relaksasi PPnBM DTP (Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah), terbukti efektif dongkrak perekonomian nasional selama pandemi Covid-19.

Kebijakan yang diluncurkan Pemerintah sejak Maret 2021 tersebut, nyatanya ampuh menggenjot utilisasi industri otomotif nasional. Serta menjadi game changer perekonomian saat pagebluk.

Relaksasi PPnBM DTP mampu meningkatkan volume penjualan mobil, penyerapan tenaga kerja lebih tinggi, peningkatan pendapatan rumah tangga, dan pendapatan negara.

Sehingga pada akhirnya membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional. Fakta tersebut diungkap dari hasil kajian evaluasi dampak oleh ISI (Institute for Strategic Initiatives).

Baca Juga: Bangga! Industri Otomotif Jadi Penyumbang Devisa Terbesar Kelima Indonesia

Kesimpulan tersebut disampaikan dalam webinar (19/8/2021) bertajuk “Evaluasi Dampak Insentif PPnBM DTP Kendaraan Bermotor Terhadap Perekonomian Nasional, yang dihajat Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Seperti disampaikan Luky Djani, Direktur ISI. Bahwa industri otomotif merupakan sektor yang memiliki multiplier effect yang tinggi terhadap sektor-sektor yang terkait dengannya.

“Kehulu, sektor otomotif, telah meningkatkan demand atas output sektor seperti industri komponen mesin, ban, valve, filter dan lain sebagainya,”

“Sementara itu, ke hilir produk otomotif telah berdampak terhadap sektor pembiayaan keuangan, alat transportasi dan lainnya,” papar Luky.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa