Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bangun Pabrik Baterai EV di Karawang, Hyundai LG Rogoh Kocek Segini

Harryt MR - Jumat, 17 September 2021 | 09:15 WIB
Pabrik baterai Hyundai LG dikabarkan merogoh kocek investasi total sebesar USD 1,1 miliar, atau setara Rp 15.664 triliun
Istimewa
Pabrik baterai Hyundai LG dikabarkan merogoh kocek investasi total sebesar USD 1,1 miliar, atau setara Rp 15.664 triliun

Otomotifnet.com - Seperti diketahui, telah dimulai pembangunan pabrik baterai Electric Vehicle (EV) hasil kerjasama Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution. Diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi (15/9/2021).

Pabrik manufaktur sel baterai tersebut dikabarkan merogoh kocek investasi total sebesar USD 1,1 miliar, atau setara Rp 15,664 triliun (kurs Rp 14.240).

Kesepakatan investasi telah terlaksana sejak Juli lalu, dan kini pabrik baterai Hyundai dan LG mulai dibangun diatas lahan seluas 330.000 meter persegi. Berlokasi di Karawang New Industry City, Jabar.

Joint venture antara Hyundai dengan LG, masing-masing perusahaan memegang nilai saham atau kepemilikan sebesar 50 persen.

Pembangunan pabrik akan diselesaikan pada semester pertama tahun 2023, sedangkan produksi sel baterai secara massal di fasilitas baru ini diharapkan dapat dimulai pada semester awal tahun 2024.

Saat beroperasi secara penuh, fasilitas ini ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion, dengan bahan katoda NCMA (nikel, kobalt, mangan, aluminium) setiap tahunnya, cukup untuk memenuhi kebutuhan 150.000 unit BEV.

Baca Juga: Bukan Main, Pabrik Baterai Hyundai Bisa Penuhi Permintaan 150 Ribu Baterai Mobil Listrik

Selain itu, fasilitas ini juga akan disiapkan untuk meningkatkan kapasitas produksinya hingga 30 GWh, agar dapat memenuhi pertumbuhan permintaan BEV di masa yang akan datang.

Sel baterai yang diproduksi di Karawang ini akan diaplikasikan pada model kendaraan listrik milik Hyundai Motor dan Kia, yang dibangun di atas platform khusus BEV dari Hyundai Motor Group, yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

 

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa