Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Enggak Bingung, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Gunungkidul Yogyakarta Jelang Libur Nataru

Ferdian - Selasa, 14 Desember 2021 | 17:55 WIB
Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
kompas.com
Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Otomotifnet.com - Guna menekan mobilitas wisatawan yang diprediksi akan memadati Gunungkidul, Yogyakarta, Satlantas Polres Gunungkidul menyiapkan sejumlah skenario rekayasa lalu lintas.

Kasatlantas Gunungkidul AKP Martinus menjelaskan, saat ini Satlantas Polres Gunungkidul sudah memetakan lokasi rawan kemacetan.

“Jalur paling rawan kemacetan yakni sepanjang jalur menuju obyek wisata pantai,” kata Martinus dalam keterangan resmi (13/12/2021).

Meningkatnya volume kendaraan menuju kawasan wisata menjelang libur nataru memang menjadi penyebab utama kemacetan di Gunungkidul.

Selain itu, fasilitas jalan di kawasan wisata yang dinilai kurang lebar dan juga masih banyak kendaraan yang parkir di pinggir jalan juga menjadi penyebab kemacetan lainnya.

“Solusi kami antara lain, menyiagakan personil di lokasi rawan macet dan rawan kecelakaan, pasang plakat penunjuk, dan rekayasa lalu lintas satu arah,” ucap Martinus.

Sementara jalur pendukung wisata pantai, yaitu Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang memiliki lebar lebih, menurut Martinus, belum bisa difungsikan sebagai jalur utama, karena proses pembangunannya belum sepenuhnya selesai dan masih terputus.

Baca Juga: Sambut Libur Nataru, Polda Jawa Tengah Siapkan 375 Pos Cek Poin

Martinus juga menjelaskan, lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan lainnya yakni tanjakan Slumprit, Hargodumilah, Patuk.

“Potensi Kemacetan di sini, di samping akibat jalan yang menikung dan menanjak ekstrim, juga karena banyaknya kendaraan yang parkir di bahu jalan sepanjang Bukit Bintang,” kata dia.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa