Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Proses Lelang Beres, Ditargetkan Seluruh Kendaraan Pakai Pelat Putih Pada 2027

Ferdian - Sabtu, 4 Juni 2022 | 17:20 WIB
Ilustrasi pelat nomor putih
Istimewa
Ilustrasi pelat nomor putih

Otomotifnet.com - Korlantas Polri menargetkan pada 2027, seluruh kendaraan bermotor sudah menggunakan pelat nomor putih.

Saat ini pelat tersebut sudah bisa digunakan secara bertahap untuk kendaraan baru.

"Di tahun 2022 ini sudah saya sampaikan, tetapi kan harus dengan lelang, lelangnya sudah berjalan," ujar Direktur Regident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus saat ditemui diruangan kerjanya (31/5/2022).

"Mudah-mudahan secepatnya, bulan Juni-Juli sudah bisa kita gunakan, target saya 2027 nanti semua sudah menggunakan TNKB dengan bahan dasar terang," ungkapnya lagi.

Yusri menjelaskan, saat ini proses pelelangan untuk pengadaan barang dan jasa sudah rampung.

"Lelang sudah berjalan, sudah ada pemenangnya. Jadi kita akan serempak secara bersama se Indonesia, kita saat ini tengah menyusun, sehingga tidak ada prioritas misalnya Jawa dulu atau dimana. Mudah-mudahan secepatnya karena kita harus cetak. Tapi untuk saat ini yang kami prioritaskan terlebih dahulu seperti kendaraan baru," ungkapnya.

Sekadar informasi, perubahan pelat nomor jadi warna putih itu untuk mendukung sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Pasal 45, akan ada empat warna dasar pelat nomor kendaraan, yakni putih, kuning, merah, dan hijau.

Pelat nomor Putih dengan tulisan hitam akan ditujukan bagi kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional.

Sedangkan warna kuning dengan tulisan hitam diperuntukkan bagikendaraan umum.

Sementara pelat nomor merah dengan tulisan putih ditujukan bagi kendaraan instansi pemerintah.

Lalu yang terakhir, pelat nomor hijau tulisan hitam akan digunakan pada kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.

Baca Juga: Pelat Nomor Putih Sudah Siap Diberlakukan, Kendaraan Ini Dapat Duluan

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa