Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Survei KNKT dan MTI Bilang Motor Matik Kurang Aman di Turunan, Sempat Ada Imbauan

Ferdian,Harun Rasyid - Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:40 WIB
Ilustrasi mengendarai motor matik
Rian
Ilustrasi mengendarai motor matik

Otomotifnet.com - Enggak perlu tekan kopling dan oper gigi jadi keunggulan motor matik.

Untuk pasar Indonesia, motor matik menawarkan kubikasi mesin yang beragam, mulai dari 110 cc sampai 250 cc ke atas.

Hal ini membuat motor matik cukup dapat diandalkan untuk melintasi berbagai medan jalan, termasuk saat melibas tanjakan.

Namun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI,) menilai motor matik terbilang kurang aman untuk jalanan menurun yang panjang.

Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, menyebut pihaknya dan KNKT sempat melakukan survei tentang peningkatan keselamatan pengguna jalan dan pencegahan kecelakaan pada ruas jalan.

Lokasinya berada di Jalan Bandungsari-Salem (Gunung Lio), Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

"Dari hasil survey, seringkali terjadi kecelakaan pada motor yang mayoritasnya bertransmisi otomatis. Sebab engine brake motor matik kurang optimal dalam mengurangi kecepatan saat kendaraan melintasi turunan panjang," ujarnya dalam rilis resmi MTI (17/6/2022).

Kemudian dari hasil survei KNKT di 2020, ditemukan banyak kecelakaan motor yang mengakibatkan banyak korban jiwa di lokasi tersebut.

"Selama kurang lebih satu tahun telah terjadi kecelakaan motor di ruas jalan Gunung Lio yang mengakibatkan 13 orang meninggal dunia, dan 95 persen di antaranya menggunakan motor matic," sebut Djoko.

Kecelakaan motor matik di turunan, dilaporkan juga terjadi di wilayah lainnya seperti Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Probolinggo, Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Ijen di Banyuwangi, Pendakian Gunung Buthak di Malang, hingga Taman Wisata B-29 di Lumajang.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa