Tak Melulu Konsumtif, IKM Indonesia Pasok Komponen Mobil Untuk Jepang, Segini Jumlahnya

Harryt MR - Kamis, 30 Juni 2022 | 17:15 WIB
 Dari sekitar 30.000 jenis komponen atau parts untuk mobil, sebesar 15% atau 4.500 jenis komponen berpeluang dipasok dari IKM
Kementerian Perindustrian
Dari sekitar 30.000 jenis komponen atau parts untuk mobil, sebesar 15% atau 4.500 jenis komponen berpeluang dipasok dari IKM

Otomotifnet.com - Menperin (Menteri Perindustrian) perkuat kerja sama otomotif Indonesia-Jepang lewat forum bisnis suku cadang kendaraan.

Faktanya, kebutuhan komponen mobil yang dipasok dari IKM (Industri Kecil & Menengah) Indonesia, masih bisa digenjot untuk ditingkatkan.

Kementerian Perindustrian pun terus memfasilitasi kerja sama antara pelaku industri otomotif Indonesia dan Jepang untuk bersama menciptakan inovasi produk.

Yakni sesuai kebutuhan pasar global saat ini.

Hal ini direalisasikan melalui penyelenggaraan “Indonesia-Japan Autoparts Business Forum” yang berlangsung di Nagoya, Jepang (27/6/2022).

“Merupakan suatu kebanggaan untuk melihat begitu banyak perusahaan dari Indonesia dan Jepang yang mengikuti acara ini, menandakan ketertarikan yang besar untuk mengambil peluang yang ada,”

“Tentunya diharapkan dapat membawa dampak yang luas bagi perekonomian,” papar Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian dalam rangkaian kunjungan kerja di Jepang.

Menperin menyampaikan, dari sekitar 30.000 jenis komponen atau parts untuk mobil, sebesar 15% atau 4.500 jenis komponen berpeluang dipasok dari IKM.

Namun, saat ini baru sekitar 900-an jenis komponen yang sudah dipasok IKM.

Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan persentasenya.


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa