Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

SMK Institut Indonesia Kutoarjo Bikin Mobil Listrik Model Jip, Ganjar Beri Apresiasi

Ferdian - Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:10 WIB
Salah satu guru SMK Institut Indonesia Kutoarjo sedang mengemudikan mobil listrik dilhalaman sekolah setempat pada Selasa (9/8/2022)
(KOMPAS.COM/BAYUAPRILIANO)
Salah satu guru SMK Institut Indonesia Kutoarjo sedang mengemudikan mobil listrik dilhalaman sekolah setempat pada Selasa (9/8/2022)

Otomotifnet.comSMK Institut Indonesia Kutoarjo menciptakan mobil listrik yang ramah lingkungan.

Hal ini didasari keprihatinan sekolah terhadap pencemaran udara yang mengakibatkan perubahan iklim.

Hal tersebut mendapat apresiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melihat garapan mobil listrik yang ditampilkan sekolah melalui zoom meeting.

Ganjar bahkan mengarahkan produk buatan SMK ini untuk dijadikan prototipe angkutan UKM di desa-desa.

"Kalau yang seperti itu mungkin bisa anak-anak bekerja sama dengan desa misalnya angkutan di desa, sehingga prototipe ini bisa dikembangkan atau dihilirisasi, ya mungkin kelasnya bukan industri besar tapi untuk UKM," kata Ganjar, Selasa.

SMK Institut Indonesia Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, ini membuat mobil listrik yang mampu menempuh jarak hingga 60 kilometer.

Bahkan, kecepatan mobil listrik buatan sekolah ini bisa melaju dengan kecepatan 80 kilometer per jam.

Kepala Kepala Sekolah SMK Institut Indonesia Kutoarjo, Amad Rosidi mengatakan, pembuatan mobil listrik ini dilakukan oleh siswa-siswi dari 6 jurusan yang ada di SMK Institut Indonesia Kutoarjo.

"Mobil ini kami ciptakan karena menjawab tantangan zaman dengan pertimbangan ke masa depan. Bensin akan menjadi masa lampau (ditinggalkan)," kata Amad.

Rosidi menyebut, mobil ini diciptakan juga sebagai salah satu solusi atas pencemaran udara dan rusaknya iklim akibat emisi karbon.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa