Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Calo Silakan Pusing, Cek Fisik Kendaraan di Sini Pakai Sistem Canggih

Ferdian - Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:00 WIB
Cek fisik kendaraan di Gedung BPKB Polres Cimahi.
(KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun)
Cek fisik kendaraan di Gedung BPKB Polres Cimahi.

Otomotifnet.com - Canggih, pelayanan uji fisik kendaraan di Gedung BPKB Polres Cimahi, Jabar kini tidak lagi manual.

Kini Polres Cimahi menggunakan sistem elektronik untuk pelayanan cek fisik kendaraan.

Penerapan sistem elektronik sengaja diterapkan di Polres Cimahi untuk memutus mata rantai praktik calo yang biasa terjadi di lokasi-lokasi pengujian kendaraan.

Di wilayah Jawa Barat, penerapan sistem elektronik untuk pengecekan fisik kendaraan diklaim baru diterapkan di Polres Cimahi saja.

"Dengan sistem elektronik ini, data terinput langsung dari komputer. Sehingga percaloan-percaloan seperti itu bisa terkikis," ungkap Kanit Reg Ident Sat Lantas Polres Cimahi, Iptu Trias Karso Yuliantoro saat ditemui di Polres Cimahi (30/8/2022).

Penerapan sistem elektronik ini adalah inovasi sekaligus upaya kepolisian untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi akibat kendaraan bermotor yang tidak sesuai standar layak jalan.

"Kita bisa mengecek emisi gas buang kendaraan bermotor, lampu kendaraan, batas rem yang harus dipenuhi, dan kekencangan ban juga," kata Trias.

"Dengan demikian faktor-faktor kecelakaan bisa kita minimalisir dengan melakukan pengecekan di uji cek fisik elektronik ini," imbuhnya.

Ilustrasi proses cek fisik motor.
Isal/GridOto.com
Ilustrasi proses cek fisik motor.

Meski demikian, Trias menyadari betul saat ini masih dalam proses transisi oleh karenanya butuh adaptasi dari pengecekan manual ke pengecekan melalui elektronik.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa