Waspada Petir di 29 Wilayah, Bukan Kilat Kamera ETLE, Ancam Nyawa Pemotor

Irsyaad W - Rabu, 5 Oktober 2022 | 20:36 WIB
Ilustrasi pemotor pakai jas hujan saat musim hujan. Sudah masuk musim hujan pemotor simak pilihan jas hujan enggak sampai Rp 300 ribu.
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi pemotor pakai jas hujan saat musim hujan. Sudah masuk musim hujan pemotor simak pilihan jas hujan enggak sampai Rp 300 ribu.

Otomotifnet.com - Para pemotor waspada dengan petir di 29 wilayah ini.

Bukan kilat kamera ETLE, tapi petir hujan yang mengancam nyawa pemotor.

Sebab Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginfokan potensi peningkatan curah hujan di 29 wilayah dari 3-8 Oktober 2022.

Hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya belokan dan perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas serta aktifnya fenomena Madden Jullian Oscillation (MJO) yang berinteraksi dengan gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin.

Hal itulah yang kemudian meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Dari keterangan resmi BMKG, diperkirakan ada curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Senior Forecaster BMKG, Irsal Yuliandri mengatakan, potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan masih terjadi di Indonesia hingga saat ini.

Petir menyambar pinggir Sirkuit Mandalika.
MotoGP.com
Petir menyambar pinggir Sirkuit Mandalika.

"Terpantau di awal Oktober, beberapa wilayah di Indonesia memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim hujan," ujar Irsal saat dihubungi, (3/10/22).

"Kemudian, akan terjadi peningkatan potensi thunderstrom (hujan kilat petir) yang bisa mengakibatkan terjadinya angin puting beliung dan hujan es," lanjut dia.


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa