Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Imbas Tragedi Truk Pertamina Maut di Cibubur, Klakson Telolet Dilarang Kemenhub

Ferdian - Rabu, 19 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Suasana di lokasi kecelakaan maut Cibubur
Vedhit/GridOto.com
Suasana di lokasi kecelakaan maut Cibubur

 

Otomotifnet.com - Imbas kecelakaan maut truk tangki Pertamina di Cibubur, Kemenhub larang penggunaan klakson telolet.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Subkomite Investigasi Lalu Lintas Angkutan Jalan KNKT Ahmad Wildan mengatakan, pihaknya merekomendasikan supaya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melarang penggunaan klakson tambahan yang instalasinya mengambil sumber daya tenaga pneumatic dari tabung udara sistem rem.

"Sambil merumuskan kebijakan teknis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan klakson pada kendaraan besar di Indonesia yang memiliki karakteristik tersendiri," kata Wildan dalam konferensi pers secara virtual (18/10/2022).

Wildan mengatakan, pihaknya juga meminta agar Kemenhub melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap ketentuan tersebut baik melalui pengujian kendaraan bermotor maupun pembinaan kepada asosiasi transportir kendaraan barang dan penumpang.

"Kemudian meminta Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek mengevaluasi manajemen dan rekayasa lalu lintas pada Jalan Nasional yang ada di Wilayah Jabodetabek yang sebelumnya telah ditangani oleh pemerintah daerah, termasuk salah satu diantaranya adalah Jalan Transyogi," ujarnya.

Honda Vario tergilas truk tangki Pertamina di jalan alternatif Cibubur, Jawa Barat
Kompas.com/Joy Andre
Honda Vario tergilas truk tangki Pertamina di jalan alternatif Cibubur, Jawa Barat

Wildan juga meminta BPJT untuk memperhatikan aspek keselamatan di samping aspek kelancaran lalu lintas, di antaranya dengan membatasi akses masuk ke jalan utama dari jalan perumahan serta mengatur pembukaan median untuk berbalik arah.

Selain itu, segala bentuk alat penurun kecepatan pada jalan primer baik berbentuk speed hump maupun speed table tidak diperbolehkan dan harus segera dihilangkan karena dapat meningkatkan risiko konflik lalu lintas (tabrak depan belakang).

Wildan melanjutkan, hal lain yang perlu segera dilakukan penanganan adalah melakukan evaluasi penempatan rambu rambu lalu lintas, iklan, papan peringatan dan lainnya yang dapat membingungkan pengguna jalan serta mengevaluasi kembali keberadaan semua Alat Pemberian Isyarat Lalu Lintas (APILL) pada jalan primer.

"Hindari penggunaan APILL untuk mengendalikan konflik lalu lintas dengan merubah skemanya menjadi sistem kanalisasi pada jalan minor untuk bergabung (merging) dengan lalu lintas pada jalan mayor. Semua median harus ditutup dan pembukaan median untuk berputar arah dibatasi dengan ketat dan disediakan fasilitas khusus (U Turn Terlindung)," ucapnya.

Baca Juga: Syok, KNKT Sebut Tragedi Maut Truk Pertamina Cibubur Gegara Klakson Telolet

Sumber: https://money.kompas.com/read/2022/10/18/161000926/imbas-kecelakaan-maut-di-cibubur-knkt-rekomendasikan-kemenhub-larang-sementara

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa