Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat Aja Dulu, Ini Hitung-hitungan Biaya Charge Mobil-Motor Listrik di Rumah

Ferdian - Senin, 26 Desember 2022 | 08:30 WIB
ilustrasi Wuling Air ev yang jadi buruan masyarakat Surakarta.
Rayhan Haikal/GridOto.com
ilustrasi Wuling Air ev yang jadi buruan masyarakat Surakarta.

Otomotifnet.com - Buat yang kepengin beli mobil atau motor listrik, ada baiknya tahu cara menghitung biaya isi ulang daya baterai alias charging baterainya.

Maklum, umur mobil maupun motor listrik yang belum lama dirilis bikin banyak yang salah persepsi mengenai berbagai aspek dari kendaraan listrik di Indonesia.

Salah satunya adalah hitung-hitungan biaya isi ulang daya baterai alias charging baterai mobil dan motor listrik.

Hal tersebut diungkapkan Irvan Yuniardi selaku Sales and Network Development Utomocorp yang memegang dua merek motor listrik yaitu NIU dan Energica di Indonesia.

Ia mengatakan, tidak sedikit konsumen yang menghitung perkiraan biaya charging kendaraan listrik hanya berdasarkan kapasitas baterai.

“Mungkin karena disamakan dengan kendaraan berbahan bakar minyak. Padahal perhitungan tadi kurang tepat untuk kendaraan listrik,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia pun memberikan rumus penghitungan perkiraan biaya charging kendaraan listrik, terutama jika berencana untuk charging di rumah.

“Rumusnya mengalikan 220, karena daya listrik yang dipasok PLN semuanya memiliki tegangan 220 volt, dengan ampere maksimal yang dapat disuplai charger kendaraan listrik itu sendiri,” jelas pria yang ambil jurusan Teknik Elektro saat masih kuliah itu.

Sebagai contoh, charger motor listrik NIU NQi Sport memiliki input daya maksimal 3,5 ampere, maka didapat angka 770 watt.

NIU NQi Sport
Pradana/GridOto.com
NIU NQi Sport

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa