Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seriusi Kendaraan Listrik, VKTR Gandeng Perusahaan Baterai Terbesar di India Dan Cina

Rendy Surya - Sabtu, 24 Desember 2022 | 07:30 WIB
VKTR gandeng Gotion dalam merancang battery pack untuk kendaraan listrik
VKTR
VKTR gandeng Gotion dalam merancang battery pack untuk kendaraan listrik

Otomotifnet.com – PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR), anak usaha PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR), resmi menjalin kerjasama strategis dengan salah satu perusahaan baterai terbesar di India dan Cina.

Kerjasama antara PT VKTR Teknologi Mobilitas (VKTR) dengan Gotion Hight-Tech Co Ltd lewat anak usahanya, PT Gotion Indonesia Materials, memperkuat posisinya untuk mengembangkan industri hulu kendaraan listrik di Indonesia.

“Kerja sama ini nantinya akan berfokus pada pengembangan baterai pack, yang merupakan salah satu komponen penting dalam anatomi baterai kendaraan listrik,” terang Gilarsi W. Setijono, Direktur Utama VKTR usai penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), di Jakarta, Jumat kemarin (23/12/2022).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dirut VKTR Gilarsi W. Setijono dan Direktur Eksekutif PT Gotion Indonesia Materials Shen Wenbo.

Ilustrasi baterai kendaraan listrik
Gotion
Ilustrasi baterai kendaraan listrik

Gilarsi menambahkan, VKTR berencana memproduksi kendaraan listrik berbasis baterai dengan kebutuhan baterai yang sudah diproyeksikan hingga tahun 2027.

Harapannya, Gotion High-Tech Co., Ltd. akan membantu menyediakan baterai pack lithium untuk keperluan kendaraan listrik baru maupun kendaraan listrik hasil retrofit yang akan diproduksi oleh VKTR.

Menurut Gilarsi, merancang baterai pack yang tepat, sangat penting untuk memenuhi harapan VKTR sebagai pelanggan terutama dalam hal jangkauan, biaya, keamanan, daya tahan, dan pengalaman berkendara.

Namun, mengintegrasikan teknologi ini dalam kendaraan merupakan tantangan, karena biaya dan kinerja harus dipertaruhkan.

"Baik pendatang baru maupun pemain lama dalam bidang otomotif akan menghadapi tantangan untuk menyeimbangkan faktor-faktor ini, terutama karena belum ada OEM yang memiliki pengalaman memproduksi paket baterai untuk memandu pengambilan keputusan mereka," jelas Gilarsi.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa