Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Motor Listrik Dapat Insentif Duluan Bulan Depan, Besarnya Rp 7 Juta

Ferdian - Minggu, 26 Februari 2023 | 11:00 WIB
Ilustrasi motor listrik
Farhan
Ilustrasi motor listrik

Otomotifnet.com - Diketahui insentif untuk mobil atau motor listrik sedang disiapkan pemerintah dan akan diterapkan tahun ini.

Kini aturan masih digodok Kementerian Keuangan terkait insentif kendaraan listrik yang akan diberikan.

Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) sekaligus Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, mendorong agar subsidi kendaraan listrik untuk segera direalisasikan.

"Beberapa kali kita rapat dengan Kementerian terkait bahwa perlu pemerintah segera memberikan insentif bagi masyarakat yang ingin membeli kendaraan listrik," ujar Moeldoko di IIMS 2023 (24/2/2023).

Dengan adanya insentif kendaraan listrik, menurutnya akan memberikan dampak positif seperti halnya yang dilakukan oleh negara tetangga.

"Kita punya referensi di Vietnam dan Thailand, sehingga kalau kita tidak adjustment dengan lingkungan itu, maka kita akan menjadi market bagi mereka," jelas Moeldoko.

Terkait skema kebijakan insentif yang akan diberikan, Moeldoko memberikan sedikit gambaran baik motor dan mobil listrik.

"Sementara motor listrik duluan, nanti untuk mobil di adjustmentnya di tax-nya. Besarannya kalau kita bahas antara Rp 7 juta (motor listrik)," ungkap Moeldoko.

Meski demikian, Moeldoko mengungkapkan mengenai keputusan tentang pemberian insentif kendaraan listrik akan disampaikan Menteri Keuangan.

"Pemberian insentif motor listrik sedang disusun mekanisme apakah diberikan langsung ke dealer atau customer," pungkasnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa