Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Bingung, Ternyata Ini Lima Penyebab Ban Mobil Berdecit Saat Belok

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 9 April 2023 | 21:00 WIB
Ilustrasi ban mobil posisi belok
ryan/gridoto.com
Ilustrasi ban mobil posisi belok

Otomotifnet.com - Bikin bingung kenapa kalau saat ban mobil berbelok, terdengar suara berdecit, ternyata ini lima penyebabnya.

Berdecitnya ban mobil terjadi karena tapak ban yang bersentuhan dengan permukaan jalan untuk mendapatkan traksi, hal tersebut normal saat mobil melewati permukaan yang licin.

Namun suara decit ban mobil juga dapat menjadi indikasi adanya masalah dengan bantalan rem atau komponen suspensi yang aus, apabila suara tersebut muncul saat mobil berbelok atau melaju dengan pelan.

Apriyanto Yuwono selaku National Sales Manager PT. Hankook Tire Sales Indonesia menjelaskan 5 penyebab ban mobil berdecit saat belok.

1. Ban Kurang Tekanan Angin

Tekanan angin ban
Dok. Otomotif
Tekanan angin ban

Kurangnya tekanan angin pada ban tidak hanya membuat ban kempes, tapi juga rentan rusak. Di mana kondisi tersebut akan membuat kemampuan traksi ban semakin buruk.

Jika tekanan angin ban kurang, saat mobil berbelok tidak ada perlawanan yang cukup terhadap kekuatan fisik dalam ban, sehingga tapak ban akan mencoba menemukan kontak yang tepat dengan permukaan jalan.

Saat ini terjadi, karet ban akan melorot ke samping karena bentuk jalan yang berbelok, dan membuat ban berdecit saat berbelok di tikungan.

Untuk mobil jenis city car, rekomendasi tekanan angin adalah 30-36 Psi, sementara untuk mobil SUV adalah 35-40 Psi.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa