Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Truk Pengangkut Garam di Pulau Madura Diburu Polisi, Tetesan Air Sulap Aspal Bak Keramik

Irsyaad W - Jumat, 22 September 2023 | 15:00 WIB
Anggota pemadam kebakaran menyemprot aspal jalan di Paterongan, Galis, Bangkalan, Madura bekas terkena tetesan air garam karena licin di
TribunJatim.com/Ahmad Faisol
Anggota pemadam kebakaran menyemprot aspal jalan di Paterongan, Galis, Bangkalan, Madura bekas terkena tetesan air garam karena licin di

Otomotifnet.com - Beberapa aspal jalan kabupaten di Pulau Madura, Jawa Timur berubah licin bak keramik.

Hal itu membuat angka kecelakaan meningkat.

Biang kerok semua itu karena truk-truk pengangkut garam. Kok bisa?

Yup, aspal jalan yang berubah licin tersebut imbas dari tetesan air garam.

Terutama menghantui di sepanjang Jalan Raya Kecamatan Blega, Galis, hingga Tanah Merah Kabupaten Bangkalan.

Masyarakat di sepanjang jalan nasional itu pun kini cenderung paranoid, karena tetesan air garam jadi penyebab kecelakaan.

Upaya pencegahan mulai dari sosialisasi, pembinaan, hingga pemeriksaan truk-truk pengangkut garam melalui kegiatan razia gabungan pun sudah dilakukan.

Terbaru, tiga OPD di Pemkab Bangkalan yakni, Dinas Perhubungan (Dishub), pemadam kebakaran (damkar) Satpol PP, dan dinas lingkungan hidup bersinergi guna melakukan water blasting atau penyemprotan mulai dari jalan raya depan SPBU Desa Paterongan, Kecamatan Galis hingga sepanjang jalan raya Kecamatan Tanah Merah, (20/9/23).

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Darat Dishub Bangkalan, Ari Moein mengungkapkan, tujuan dilakukan water blasting itu yakni untuk mengurai unsur-unsur air garam bercampuran solar maupun oli yang merupakan hasil akumulasi atau penumpukan dalam waktu yang sangat lama.

"Kena sinar matahari, kena hujan, ditambah (tetesan air garam bercampur oli maupun solar) lagi hingga akhirnya menjadi kerak." terangnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa