Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ungkap Fakta Indonesia Bikin Ngiler Pabrikan Mobil China Untuk Masuk 

Harryt MR - Rabu, 29 November 2023 | 19:30 WIB
(ilustrasi konvoi mobil listrik Neta V) Populasi Indonesia tertinggi keempat dunia bikin ngiler pabrikan mobil China untuk masuk ke pasar Indonesia
Arista Neta
(ilustrasi konvoi mobil listrik Neta V) Populasi Indonesia tertinggi keempat dunia bikin ngiler pabrikan mobil China untuk masuk ke pasar Indonesia

Otomotifnet.com - Ini dia fakta Indonesia bikin ngiler pabrikan mobil China untuk masuk dan menjajakan produknya di Tanah Air.

Sama-sama kita tahu, populasi Indonesia merupakan yang terbesar keempat dunia, yaitu 278 juta jiwa, menurut data sensus 2022. 

Populasi sebanyak itu rupanya masih belum maksimal diserap optimal terhadap penjualan mobil di Indonesia. 

Nah, hal ini bikin ngiler pabrikan mobil China untuk masuk ke pasar Indonesia. Terlebih adanya tren mobil listrik yang berpeluang besar dipasarkan di tanah air. 

Peluang pasar yang gede banget, didukung dengan masih kecilnya rasio kepemilikan mobil di tanah air. 

Yaitu jika dibanding populasi penduduknya masih sekitar 99 mobil per 1.000 penduduk (data 2021).

Potensi pasar otomotif Indonesia juga dipandang kian mentereng, setelah melihat data pertumbuhan kelas menengah yang terus merangkak naik. 

Terungkap fakta-fakta yang diolah dari data Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (LPEM FEB UI).

Bahwa pangsa pasar sudah makin mengkilap sejak tahun 2011 sampai 2022, yakni ketika pengeluaran atau belanja kelas menengah meningkat menjadi Rp 4-7 juta (2022). 

Kemudian beberapa wilayah di Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang tinggi, terutama di daerah-daerah penghasil komoditi unggulan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa