Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penjualan Mobil Listrik 2023 Melejit, Ini Yang Paling Laris

Harryt MR - Rabu, 17 Januari 2024 | 16:10 WIB
(ilustrasi) Penjualan mobil listrik BEV Hyundai IONIQ 5 merajai sepanjang 2023
Iday/Otomotifnet.com
(ilustrasi) Penjualan mobil listrik BEV Hyundai IONIQ 5 merajai sepanjang 2023

Otomotifnet.com - Mengulik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), penjualan mobil listrik di sepanjang Januari-Desember 2023 tercatat mencapai 69.763 unit.

Data penjualan tersebut merupakan kinerja wholesales, atau suplai dari pabrik ke dealer. Jumlah penjualan mobil listrik di 2023 melejit 237,31% dibanding tahun 2022.

Jika dirunut detail, penjualan mobil hybrid alias HEV (Hybrid Electric Vehicle) jadi paling laris, yakni laku sebanyak 52.568 unit.

Lanjut penjualan mobil listrik berbasis baterai alias BEV (Battery Electric Vehicle) tembus 17.058 unit. Kemudian Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) laku 137 unit. 

Menelisik dari data tersebut, kontribusi penjualan mobil hybrid masih yang paling dominan. Yakni dengan kontribusi 75,3%.

Adapun kontribusi penjualan mobil listrik murni berbasis baterai atau BEV menyumbang 24,5%. Lalu sisanya sekitar 0,2% adalah andil dari penjualan PHEV. 

Lebih lanjut, penasaran mobil listrik atau BEV apa yang paling laris dibeli konsumen? 

Hyundai IONIQ 5 Signature Extended menduduki peringkat mobil listrik BEV paling laris 2023, dengan torehan angka penjualan sebesar 6.334 unit.

Baca Juga: Harga Mobil Listrik Makin Murah, Ini Prospek Pasar Mobil Listrik 2024

Berbekal dari penjualan IONIQ 5, Hyundai juga mencatatkan dirinya sebagai pemimpin penjualan BEV dengan membukukan angka 7.482 unit sepanjang 2023.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa