Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Siap-siap STNK Diblokir Kalau Cuekin Tilang Elektronik, Begini Aturannya

Ferdian - Rabu, 24 Januari 2024 | 19:00 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik
ntmcpolri.info
Ilustrasi kamera tilang elektronik

Otomotifnet.com - Tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) sudah berlaku di beberapa wilayah Indonesia.

Tujuannya adalah untuk mengurangi angka pelanggaran lalu lintas, kecelakaan dan mempermudah mekanisme pelayanan penegakan hukum berbasis elektronik di bidang lalu lintas.

Kemudian bagi pelanggar lalu lintas yang tertangkap kamera ETLE, akan diberikan surat tilang digital konfirmasi resmi melalui PT. Pos Indonesia.

Usai menerima ETLE, pelanggar diberikan batas waktu pembayaran, dan jika telat bayar STNK bisa diblokir.

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal SIK mengatakan, bagi pelanggar lalu lintas yang menerima ETL dan mengabaikan atau terlambat membayar denda, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan bisa diblokir.

“Untuk pelanggar ETLE yang mengabaikan atau terlambat melakukan konfirmasi akan diblokir sementara pajak tahunan dan akan dibuka setelah yang bersangkutan menyelesaikan denda tilang,” ucap Alfian dilansir dari Kompas.com (23/1/2024).

Alfian menjelaskan, hal ini sesuai dengan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 87 ayat 3 pemblokiran data STNK dilakukan untuk kepentingan: Huruf b penegakkan hukum pelanggaran lalu lintas,” ucap Alfian.

Kemudian, dikutip dari laman resmi ETLE, bagi pelanggar lalu lintas yang akan melakukan pembayaran bisa melalui Bank BRI.

Adapun cara bayar denda ETLE melalui kantor Bank BRI:

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa