Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Listrik Pakai Ban Berbeda dari Biasa, Ini Cara Pilih Yang Sesuai Standar

Rendy Surya - Jumat, 9 Februari 2024 | 18:20 WIB
Informasi Indeks beban ini dapat ditemui di dinding ban
Bridgestone
Informasi Indeks beban ini dapat ditemui di dinding ban

Otomotifnet.com – Karakteristik mobil listrik yang berbeda dari mobil bermesin konvensional, ternyata juga berpengaruh pada ban yang digunakan. 

"Mobil listrik punya serangkaian karakteristik khusus seperti torsi yang besar dan instan serta bobot baterai yang berat sehingga sebaiknya dilengkapi dengan ban yang tepat,” ujar Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano dalam keterangan resminya (8/2/2024).

Menurut Fisa lagi, “Ban khusus ini dirancang untuk memenuhi berbagai tuntutan ini sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman berkendara untuk keselamatan, efisiensi, dan kenyamanan maksimal.”

Lebih lanjut disebutkan Fisa ada beberapa karakteristik mobil listrik (EV) meliputi bobot yang umumnya lebih tinggi dibandingkan mobil konvensional, karena baterai mobil EV sendiri memiliki bobot sekitar 30-50% dari bobot total.

ILUSTRASI. Baterai Mobil Listrik Terletak di Bawah
F Yosi/Otomotifnet
ILUSTRASI. Baterai Mobil Listrik Terletak di Bawah

Selain itu, kabin mobil EV lebih senyap dibandingkan kendaraan konvensional, sehingga suara (noise) yang keluar dari ban akan lebih terdengar, baik noise dari telapak (umumnya frekuensi tinggi), maupun noise akibat ban bersinggung dengan permukaan jalan (umumnya frekuensi rendah).

Mobil listrik juga punya karakter torsi instan buat akselerasi dan pengereman yang dapat meningkatkan laju keausan ban, sehingga ban kendaraan listrik harus memiliki ketahanan aus yang lebih tinggi.

Selain itu, ban yang digunakan pada mobil listrik mesti mempunyai teknologi yang mampu meminimalisasi hambatan gulir (rolling resistance) guna menghemat penggunaan laju pengurangan daya baterai, mengurangi akumulasi panas, dan menahan gesekan.

Lantas konstruksi ban dengan kekuatan tambahan (reinforced) juga perlu untuk mengakomodasi peningkatan bobot baterai kendaraan listrikserta meningkatkan kemampuan ban dalam meminimalkan kebisingan eksterior.

Menurut Fisa, dalam pemilihan ban untuk mobil listrik ada beberapa hal yang jadi pertimbangan utama.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa