Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Live Streaming Mandalika Racing Series 2024 Persis MotoGP, Berkat Ini

Raspati Dana - Selasa, 27 Februari 2024 | 19:45 WIB
Suasana balapan Mandalika Racing Series (MRS) putaran kedua
MGPA
Suasana balapan Mandalika Racing Series (MRS) putaran kedua

Otomotifnet.com - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) balap motor bertajuk Mandalika Racing Series (MRS) musim 2024 siap digelar sebentar lagi, tepatnya 2-3 Maret.

Event yang digelar di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB ini akan menjadi pembuka rangkaian kejuaraan balap motor di Indonesia.

Dengan tiga kelas utama Kejurnas yang dipertandingkan yakni, Sport 150, Sport 250, Supersport 600 serta Kelas Pendukung yakni Underbone 150 U-20, Supersport 600 dan Superbike 1000 Community.

MRS 2024 akan menjadi kejuaraan bergengsi dengan beberapa penerapan hal baru, mulai dari format kompetisi hingga regulasi.

Pertama adalah jumlah ronde yang lebih banyak. Jika tahun lalu hanya 3 putaran, untuk MRS 2024 bertambah menjadi 5 putaran.

Kedua adalah format balapan. Tahun ini MRS akan menambahkan sesi Superpole Race pada hari Sabtu.

Ketiga adalah kebijakan registrasi produk, baik itu spare part maupun apparel yang digunakan.

“Ada aturan yang berkaitan dengan produk spare part dan apparel, yakni harus diregistrasikan ke Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat," ujar Ahmad Jayadi, Safety Officer IMI dalam talkshow di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Minggu (25/2/2024).

"Mandalika Racing Series 2024 ini bisa jadi tolak ukur bagi para pemilik brand di segmen racing gear untuk bisa konsisten, serta agar dapat diketahui legalnya bahwa mereka tedaftar di IMI sebagai produk legal,” lanjutnya.

Tak hanya itu, salah satu pembaharuan yang ditawarkan oleh balapan ini adalah penyediaan kamera di sepanjang sirkuit Mandalika untuk menunjang siaran secara langsung (live streaming).

Oleh sebab itu, pihak penyelenggara dalam hal ini PRIDE Club bekerjasama dengan MGPA (Mandalika Grand Prix Association) menginvestasikan dana yang cukup besar untuk pengadaan kamera yang memiiki standar baik untuk live streaming.

"Nilainya investasinya mencapai Rp 1,2 miliar, kita datangkan kamera Sony dari Jepang untuk kebutuhan live streaming," lanjut Arif Syahbani, Head of Organizing Committee PRIDE Club.

Arif menambahkan, pihaknya menempatkan kamera di 11 titik Sirkuit Mandalika agar penonton yang tak bisa hadir langsung ke sirkuit bisa menonton balapan dengan tampilan yang lebih berkelas.

"Sebelumnya kami hanya punya empat broadcast kamera dan mengandalkan kamera CCTV di sirkuit. Tapi sekarang sudah ada sebelas kamera. Jadi kualitas tayangan bakal persis MotoGP," lanjutnya.

Jadwal Mandalika Racing Series (MRS) Musim 2024:
Ronde 1: 2-3 Maret
Ronde 2: 25-26 Mei
Ronde 3: 13-14 Juli
Ronde 4: 24-25 Agustus
Ronde 5: 19-20 Oktober

Baca Juga: Kejurnas Mandalika Racing Series 2024, Tambah Ronde dan Regulasi Baru

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa