Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Voltron Bangun SPKLU di IKN, Ada Ultra Fast Charging, Biaya Segini

Raspati Dana - Rabu, 21 Agustus 2024 | 10:04 WIB
Peresmian SPKLU Voltron di Ibu Kota Nusantara (IKN)
Voltron
Peresmian SPKLU Voltron di Ibu Kota Nusantara (IKN)

Otomotifnet.com - PT Exelly Elektrik Indonesia (Voltron) turut berkontribusi dalam penyediaan infrastruktur pendukung mobilitas di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Yakni dengan cara membangun fasilitas charging station atau tempat pengecasan mobil listrik.

Lokasi persisnya berada di Rest Area Nusantara IKN, Jl. Negara, Bumi Harapan, Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Langkah ini menandai fase pertama dari proyek percontohan (pilot project) jaringan pengisian daya kendaraan listrik yang siap mendukung transformasi energi hijau di kawasan yang akan menjadi pusat pemerintahan baru Indonesia.

Abdul Rahman Elly, CEO Voltron mengatakan, peresmian Voltron Charging Network di IKN adalah langkah penting dalam komitmen perusahaan untuk mendukung visi Indonesia yang lebih hijau.

"Fase pertama ini adalah permulaan dari sesuatu yang lebih besar, di mana kendaraan listrik akan menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari di ibu kota masa depan," ujarnya saat peresmian (17/8/2024).

Terdapat dua buah mesin charging yang ada di SPKLU Voltron IKN. Yakni satu unit fast charging AC 22 kW (kiri) dan ultra fast charging DC 100 kW (kanan)
Voltron
Terdapat dua buah mesin charging yang ada di SPKLU Voltron IKN. Yakni satu unit fast charging AC 22 kW (kiri) dan ultra fast charging DC 100 kW (kanan)

Terdapat dua buah EV charging yang dipasang, yaitu satu unit mesin fast charging AC 22 kW dan satu unit mesin ultra fast charging DC 100 kW.

Masing-masing alat pengisian daya baterai mobil listrik tersebut memiliki dua buah charging gun bertipe CCS 2.

Adapun untuk biaya pengecasannya mengacu pada regulasi yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni Rp 2.466,78 per kWh.

Inisiatif Voltron ini disambut baik oleh Agus Gunawan, Direktur Transformasi Hijau, Otorita IKN, yang memberikan apresiasi tinggi.

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa