Honda PCX 160 Kampas Gandanya Dibikin Rapat, Cuma Ada Dua Lubang, Ini Alasannya

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Selasa, 20 April 2021 | 19:40 WIB

Mesin eSP+ Honda PCX 160 (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Berbeda dengan mangkok ganda standar PCX 150 lawas, kepunyaan PCX 160 dibuat lebih tertutup alias minim lubang.

Bukan tanpa alasan, jumlah lubang di mangkok ganda yang berkurang ini dibuat untuk meningkatkan daya tahan komponen CVT.

“Kini desainnya diubah hanya ada dua lubang kecil di mangkok ganda, tujuannya untuk meningkatkan ketahanan dari partikel debu yang masuk saat CVT berputar,” terang Ade Muhajir, Technical Service Division PT. AHM.

Hasilnya, risiko partikel debu terjebak di dalam mangkok ganda bisa dikurangi dan debu bakal langsung jatuh ke arah dinding bawah CVT.

Baca Juga: PCX 160 Lebih Responsif, Top Speed 148 Km/j, Cukup Oprek CVT

Fariz/otomotifnet.com
Mangkok kampas kopling Honda PCX 160 minim lubang, diameter mangkok dan pulley nya sudah mepet dengan crankcase juga cover CVT

Karena sektor kampas dan mangkok ganda jadi minim debu, hal ini berdampak pada performa motor itu sendiri.

Dari segi dimensi mangkok ganda yang digunakan, ukurannya pun jadi lebih besar dibandingkan dengan PCX 150 lawas.

“Perubahan desain di CVT ini tujuannya supaya bisa mengimbangi peningkatan tenaga dari mesin, sehingga transfer tenaga ke roda jadi lebih optimal,” jelasnya.

Penjelasan diatas tentunya bisa menjawab pertanyaan banyak bikers yang meragukan fungsi dari perubahan desain mangkok ganda tersebut.

Jadi enggak penasaran lagi ya kenapa desain mangkok ganda di PCX 160 justru minim lubang.